Binter Terpadu 2020, Dandim 0318/Natuna Sentuh Ekonomi Masyarakat

0
465

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu 2020, Dandim 0318/Natuna Letkol (Arm) Asep Ridwan mengutamakan menyentuh ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Karena sesuai arahan Kodam I/Bukit Barisan melalui Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Harnoto.

“Dalam program Binter Terpadu 2020, sasaran fisik adalah membangun jembatan, semenisasi jalan, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 3 unit dan taman bacaan,” jelas Asep Ridwan, seusai meletakan batu pertama pembangunan jembatan Air Raya, Kecamatan Bunguran Timur, Selasa siang 17 November 2020.

Selain sasaran fisik, pihaknya juga melaksanakan kegiatan non fisik, seperti sosialisasi New Normal, Pemilu Sehat 2020, Wawasan Kebangsaan, pemeriksaan kesehatan, pembagian sembako dan masker, pemberdayaan Sumber Daya Manusia melalui budidaya ikan tawar serta mengedukasi penangkaran penyu di Pulau Serasan.

“Kita targetkan sekitar satu bulan setengah pelaksanaannya. Mudah-mudahan Desember, semuanya sudah selesai,” harap perwira TNI Angkatan Darat melati dua emas itu.

Sebenarnya, ungkap Asep, dalam rencana, Danrem 033/WP Brigjen TNI Harnoto akan meletakan batu pertama pembangunan jembatan Air Raya. Namun lantaran adanya suatu hal, akhirnya beliau tidak bisa hadir.

“Pak Danrem berhalangan hadir, saya ambil alih meletakan batu pertama pembangunan jembatan ini. Mengingat kita akan memasuki Musim Utara, takut cuaca tidak bersahabat. Tapi Insha Alloh Pak Danrem akan meninjau,” kata Asep.

Sebelum kegiatan Binter, ia sempat merasa tertantang, lantaran Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal mengatakan, banyak masyarakat agak sedikit khawatir dengan keberadaan TNI di kabupaten perbatasan ini. Atas dasar itu, Asep bertekad menghadirkan sesuatu bermanfaat bagi masyarakat, salah satunya dengan membangun jembatan dan jalan semenisasi.

“Alhamdulillah berkat kata “Dari Natuna untuk Indonesia” yang selalu kami gaungkan, akhirnya kita dapat anggaran dari pusat, melalui Kodam I/BB. Jadi program Binter Terpadu 2020 digelar di 3 Kodam. Untuk di Kodam I dilaksanakan di wilayah Kodim 0318/Natuna, dan ini patut kita syukuri,” ungkapnya.

Camat Bunguran Timur Wan Suhardi mengucapkan terimakasih kepada TNI AD, khususnya Kodim 0318/Natuna. Yang telah menjadikan daerahnya sebagai sasaran pembangunan infrastrukur fisik dan non fisik dalam kegiatan Binter Terpadu 2020.

Dengan kegiatan ini dapat membantu sektor perekonomian masyarakat Bunguran Timur secara umum. Sebab jembatan dibangun merupakan akses vital bagi masyarakat Air Raya, mengangkut hasil perkebunan, seperti kelapa, durian dan cengkeh.

“Banyak warga disini bekerja sebagai pemecah batu. Sehingga dibutuhkan jembatan kokoh dan jalan layak. Bagi warga ingin memuat atau mengangkut batu, mereka menggunakan truck,” ujar Wan Suhardi.

Sementara, tampak hadir dalam acara, Danramil 01/Ranai Mayor (Inf) Narta, Kapolsek Bunguran Timur diwakili Bhabinkamtibmas Briptu Teguh, Pasiter Kodim 0318/Natuna Kapten (Arh) Agus Sungkowo, Pasi Pers Kodim 0318/Natuna Lettu (Inf) Hasan Basri, tokoh masyarakat, tokoh agama serta sejumlah masyarakat setempat. (*andy surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here