Digital Popular Brand Award 2022, Ini Juaranya

0
42
Perusahaan pemilik brand yang meraih Digital Popular Brand Award 2022 (foto istimewa)

JAKARTA, KABARTERKINI.co.id – Masifnya penggunaan internet pada kehidupan sehari-hari telah melahirkan kebiasaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Termasuk menemukan produk diinginkan mereka dengan mengandalkan internet mencari sebuah produk.

Berdasarkan survei internet di Indonesia pada 2021-2022 (Q1), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis, pengguna internet di Nusantara mencapai 220 juta orang. Sebelum pandemi jumlah pengguna 175 juta orang.

Demikian pernyataan CEO TRAS N CO Indonesia Tri Raharjo. Menurutnya, dengan adanya tren ini, pihaknya sebagai perusahaan consulting terpercaya yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, sejak awal hadir pada 2015 lalu, telah merekam beragam aktivitas brand dalam membangun di ranah digital.

“Pesatnya perkembangan digitalisasi sekarang ini mengharuskan brand-brand beradaptasi dengan cepat dan inovatif demi merebut hati masyarakat pengguna internet. Otomatis menuntut brand menghadirkan strategi branding tepat di ranah digital,” kata Tri melalui keterangan tertulis, Senin 1 Agustus 2022.

Untuk mengukur brand-brand populer di ranah digital, sambungnya, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan IMFocus DigiMarketing Consultant, melakukan riset Indonesia Digital Popular Brand Index. Yang mengacu pada tiga kriteria penilaian yakni, Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based.

Riset Indonesia Digital Popular Brand Index 2022 ini merupakan fase ketiga dilakukan pada April hingga Juni 2022, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand terriset. Hasil riset pada fase ketiga kali ini, 10 kategori produk paling banyak dicari adalah Internet Berlangganan 604,6 ribu pencarian, TV Berlangganan 475,3 ribu pencarian, Toko Donat 370,3 ribu pencarian, Vitamin C 334,1 ribu pencarian, Gadai 329,4 ribu pencarian, Aplikasi Konsultasi Dokter 213,9 ribu pencarian, Obat Pelancar BAB 164,1 ribu pencarian, Vitamin E 113,7 ribu pencarian, Popok Bayi 92,5 ribu pencarian dan Susu Untuk Semua Umur 84,7 ribu pencarian.

Sedangkan berdasarkan 10 kategori itu, produk paling banyak diulas di internet pada fase ketiga, yakni Air Conditioner dengan 14,1 juta ulasan, Kamera Digital 9,7 juta ulasan, Kipas Angin 8,3 juta ulasan, Blender 7,5 juta ulasan, Rice Cooker 7,3 juta ulasan, Mixer 5,6 juta ulasan, Gadai 5,5 juta ulasan, Aplikasi Konsultasi Dokter 5,4 juta ulasan, Internet Berlangganan 4,9 juta ulasan, dan Sabun Pembersih Muka 4,7 juta ulasan.

Dari hasil survei tersebut, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan INFOBRAND.ID sebagai number one brand media, menghadirkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2022 bagi brand-brand unggul dan populer kategori produk di dunia digital. Penghargaan ini merupakan penyelenggaraan ke-27, atau tahun ke-7 untuk fase ketiga, yang diselenggarakan pada Kamis 28 Juli kemarin.

CEO INFOBRAND Susilowati Ningsih menambahkan, Indonesia Digital Popular Brand Award 2022, merupakan sebuah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet.

Yang paling unggul dan populer dibanding dengan brand lain. Penghargaan ini juga merupakan suara netizen dalam mencari, membicarakan simbol popularitas dan kepercayaan dalam memilih merek atau produk di internet.

“Tentu, dengan menggunakan logo Indonesia Digital Popular Brand Award 2022, maka sebuah brand akan mendapat kepercayaan konsumen di internet dari para netizen dalam memilih sebuah produk,” ujar Susilowati.

Sementara, peraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2022 untuk fase ketiga, antara lain, Entrasol untuk kategori Susu Tulang, Prenagen (Susu Ibu Hamil), Tekiro (Hand Tools), Ryu (Power Tools), Hydro Coco (Minuman Isotonik), Oxone (Pisau Dapur, Microwave, Panci Presto, dan Pemanggang Roti) serta MyRepublic (Internet Berlangganan).

Lalu, Campina (Toko Es Krim), Natur-E (Vitamin E), Mandiri Utama Finance (Pembiayaan Fleet), Confidence (Adult Diapers), Pacific Bike (Sepeda Dewasa dan Sepeda Lipat), Indah Logistik (Logistik), Philips (Lampu LED dan Lampu Hemat Energi) serta Antimo (Obat Anti Mabuk). (*andi surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here