Dukung Hanpangan, Prajurit Kodim 0318/Natuna Ini Manfaatkan Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif

0
35
SERDA Ari saat menyiram sayuran (foto Puspen Kodim 0318/Natuna)

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Serda Ari Irawan tampak bersemangat menyirami sayur-sayuran hijau yang tumbuh subur di sekitar lahan kosong di perumahan dinas Kodim 0318/Natuna, Jalan Batu Sisir, Ranai, Sabtu pagi 30 Juli 2022. Namun prajurit TNI AD bertugas sebagai Staf Ter Kodim 0318/Natuna itu tidak sendiri, ia ditemani sejumlah rekannya.

“Kami diberi tanggungjawab dari pimpinan, agar merawat dan mengembangkan program Ketahanan Pangan atau Hanpangan Kodim 0318/Natuna. Program ini sejalan dengan program pemerintah pusat,” kata Ari melalui keterangan tertulis.

Sebagai prajurit TNI AD, Ari beserta rekan-rekannya berpendapat, tugas mereka bukan hanya mengangkat senjata, melainkan harus berguna pada bangsa dan negara disaat tidak perang, salah satunya mendukung program Hanpangan. Dengan cara, memanfaatkan lahan tidur di sekitar perumahan dinas menjadi lahan produktif.

“Selain dibantu sesama prajurit, saya juga dibantu adik-adik pesantren di bawah binaan staf Ter Kodim 0318/ Natuna. Otomatis pekerjaan dari pembersihan lahan, pemupukan hingga penanaman semakin mudah dan lancar,” kata Ari.

Lahan kosong di tanami berupa jagung dan ubi kayu, menurutnya seluas satu hektar. Sedangkan 200-an bibit cabe rawit dan terong di tanam, menggunakan polibag. Bibit cabe rawit dan terong menggunakan polibag, agar sedikit mudah merawatnya.

“Agar tanaman semakin subur, kami menggunakan pupuk alami buatan sendiri. Sementara dalam penanaman cabe rawit dan terong di semai di tanah, satu bulan baru di pindahkan ke polibag. Jagung dan ubi kayu langsung ditanam di lahan sudah di siapkan,” timpal Serda Hendri, rekan Ari. (*andi surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here