Gencar Kampanye, Herman Rozie : Anak Cucu Kita Berhak Mewarisi Lingkungan Bersih

0
212
MEMBERI pengarahan sebelum melaksanakan kampanye

BATAM, KABARTERKINI.co.id – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam Herman Rozie gencar Kampanye Peduli Lingkungan. Agar generasi penerus bangsa, khusus Kota Batam, mendapat warisan lingkungan bersih dan indah.

“Generasi penerus atau anak cucu kita berhak mendapat warisan lingkungan bersih,” kata Herman saat Kampanye Peduli Lingkungan bersama pengurus Akar Bhumi Batam di Dataran Engkuputri, Sabtu pagi 13 Maret 2021. “Jadi kami mengimbau, dengan menyentuh hati dan mental masyarakat agar menumbuhkan rasa cintanya terhadap lingkungan.”

Kampanye peduli lingkungan, menurut Herman, akan terus dilaksanakan setiap Sabtu di tempat-tempat keramaian, seperti Dataran Engkuputri, Dataran Madani, Dang Anom hingga Dendang Melayu Jembatan 1 Barelang.

“Yang paling mudah masyarakat ingin peduli lingkungan, yakni tidak membuang sampah sembarangan,” pesannya. “Sebab generasi ke depan berhak mewarisi lingkungan bersih, bukan lingkungan rusak dan tercemar.”

Dalam membuang sampah, sambung Herman, harus memilah jenis organik dan non organik. Lalu, memanfaatkan sampah daur ulang. Hemat pemakaian listrik, air, menanam pohon atau bunga di sekitar rumah dan sebagainya. “Semua pekerjaan ini sangat sederhana,” ungkapnya. “Murah dan bermanfaat serta lingkungan tetap sehat.”

Pemerintah, papar Herman, selalu menjaga lingkungan dengan tupoksinya. Kelompok pemerhati lingkungan dan juga masyarakat dapat andil dengan kapasitas masing-masing. Ia percaya dengan kesadaran kolektif ini upaya menjaga lingkungan hidup semakin mudah. “Mari bersama-sama menjaga lingkungan kita,” ajaknya.

Dijajaran DLH, pihaknya telah lama memberlakukan kegiatan pro menjaga lingkungan hidup, seperti mewajibkan para pegawai membawa tempat minum masing-masing untuk meminilisir penggunaan plastik. Secara rutin para pegawai memilah sampah dari rumahnya untuk dijual ke bank sampah, selain menjaga lingkungan, sampah-sampah ini bernilai ekonomis.

Selain kampanye, Herman memberi semangat dan pengarahan kepada Satgas Penyapu Jalan yang bertugas di sekitar area Engkuputri. Pengarahan dilakukan untuk mengevaluasi kinerja Satgas, memotivasi agar selalu bekerja dengan ikhlas.

“Kerja dengan hati nurani sebab yang kita lakukan adalah tugas mulia menciptakan kondisi bersih lingkungan Kota Batam, khususnya jalan-jalan umum,” kata Herman. “Satgas kita ini adalah orang-orang hebat, mereka sejak pukul 06.00 WIB sudah apel dan langsung bekerja sampai pukul 13.00 WIB setiap harinya.”

Pemberian semangat dan pengarahan, ungkapnya, perlu dilakukan. Sehingga atasan hingga staf terbawah semakin sinergi. Karena staf terbawah sangat membantu keberhasilan kinerja DLH Batam.

Kepada masyarakat, terlebih pengendara untuk tidak membuang sampah sembarangan, hingga mengotori jalanan. Hal ini dapat dilakukan dengan menyiapkan tempat sampah sementara pada kendaraan masing-masing sebelum dibuang di tempatnya.

“Memang DLH memiliki 200 Satgas Penyapu Jalan, tapi kalau dibanding dengan luas wilayah dan panjangnya jalan perkotaan Batam, tentunya masih sangat kurang,” tutur Herman. “Maka diperlukan kesadaran elemen masyarakat menjaga lingkungan bersih.” (*simanungkalit/mcb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here