Hari Jadi ke 21 Kabupaten Natuna, Ketua DPRD Natuna Gelar Sidang Paripurna

0
277

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Peringatan Hari Jadi ke 21 Kabupaten, Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar menggelar Rapat Paripurna, Senin 12 Oktober 2020. Tampak hadir dalam acara, Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, Wakil Ketua I DPRD Natuna Daeng Ganda Rahmatullah, dan Wakil Ketua II DPRD Natuna Jarmin Sidik, serta anggota DPRD Natuna dan tamu undangan lainnya.

“Sesuai Tatib DPRD dan mekanisme ditetapkan, sambil mengucap Bismillah, rapat paripurna dengan agenda peringatan Hari Jadi ke 21 Kabupaten Natuna secara resmi saya buka dan terbuka untuk umum,” kata Amhar.

Selaku Ketua DPRD Natuna, ia mengaku selalu mengingatkan agar seluruh lapisan masyarakat mentaati protokol kesehatan, agar terhindar dari virus Covid-19.

“Usia Natuna dikategori remaja akhir, maka bisa dimaklumi kekurangan dalam berbagai sektor. Tapi hendaknya jadi bahan evaluasi bagi kita bersama. Kami berharap DPRD dan pemerintah daerah dapat lebih bersinergi lagi dalam pembangunan kedepan,” kata Amhar seraya mempersilahkan Bupati Natuna menyampaikan pidatonya.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal pidato mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya melakukan peningkatan pada tata kelola pemerintahan baik dan bersih, melalui konsep e-goverment yang telah diterapkan, antara lain e-planning dan e-budgeting.

TEPUNG tawar

Berbagai pembangunan bidang prioritas dilaksanakan telah membuahkan hasil, sebagaimana dilihat dari indikator pembangunan, diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), mengalami peningkatan sebesar 0,73 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan pembangunan manusia di Natuna berstatus tertinggi ke-empat se-Provinsi Kepulauan Riau, setelah Kabupaten Bintan, Kota Tanjung Pinang dan Kota Batam.

Sedangkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) perkapita pada 2019 atas dasar harga berlaku mencapai Rp. 81,23 juta/tahun. Angka ini mengalami peningkatan 6,87 persen dari tahun sebelumnya yakni sebesar Rp. 75,65 juta/tahun,  PDRB perkapita secara relatif dapat menggambarkan tingkat kesejahteraan masyarakat di suatu daerah.

Selanjutnya kualitas kesehatan dapat digambarkan pada indikator capaian angka harapan hidup, dimana selama periode 2014-2019, Natuna berhasil meningkat dari 63,64 tahun menjadi 64,81 tahun.

Indikator kualitas pendidikan dapat dilihat pada rata-rata lama sekolah, dimana peningkatan terjadi setiap tahun. Pada 2019 mencapai angka 8,72 tahun, dibandingkan pada tahun sebelumnya sekitar 8,71 tahun. Harapan lain sekolah mengalami peningkatan setiap tahun.

Berkenaan pencapaian pembangunan sampai saat ini, Pemerintah Kabupaten Natuna telah menerima beberapa penghargaan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun organisasi atau lembaga.

SUASANA rapat

Adapun penghargaan diterima, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) atas predikat  Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (AKIP) dengan nilai “BB”.

Penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, tiga tahun berturut-turut mendapat opini laporan keuangan pemerintah daerah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan sebagai Kabupaten/Kota Sehat klasifikasi pemantapan. Penghargaan dari Kementerian Keuangan, terbaik dalam penyaluran dan penyerapan dana desa Se- Provinsi Kepulauan Riau.

Penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai Kabupaten/Kota layak anak tahun 2019 kategori pratama. Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Ketahanan, Pertanian dan Kesehatan Hewan sebagai juara I Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman Tingkat Provinsi. (*andy surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here