Lanud RSA Bakal Naik Tipe, Kolonel Dedy: Insya Alloh Tahun Depan

0
863
KOMANDAN Lanud RSA Kolonel Penerbang Dedy Iskandar

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Komandan Lanud Raden Sadjad (RSA) Kolonel Penerbang Dedy Iskandar membenarkan, tahun depan Lanud RSA naik tipe, dari Tipe B menjadi Tipe A. Namun kapan waktunya, sudah menjadi wewenang pemerintah pusat.

“Ada lima Lanud di Indonesia naik tipe, salah satunya di Natuna. Khusus Lanud RSA, Insya Alloh tahun depan direncanakan,” kata Dedy pada KABARTERKINI.co.id diruang kerjanya, Rabu 13 Desember 2023.

Kenaikan tipe ini, sambung Perwira TNI Angkatan Udara melati tiga emas itu, mengingat Lanud RSA berada di perbatasan sejumlah negara luar. Sehingga penjagaan ruang udara harus sedikit lebih ekstra.

“Ruang udara kabupaten perbatasan ini, cukup luas. Oleh karena itu, pimpinan menilai Lanud RSA harus ditingkatkan statusnya,” kata Dedy sambil menambahkan, meskipun belum naik tipe, Lanud RSA telah mempunyai skadron udara.

Dengan naik tipe, ia berharap dapat menjadi multiplier atau efek ganda dalam pergerakan roda pembangunan kabupaten kepulauan perbatasan ini. Karena sesuai instruksi komando atas, kehadiran Lanud harus bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

“Jika naik tipe, landasan pacu Lanud RSA dan juga dipakai pesawat sipil akan diperpanjang sekitar 500-an meter ke laut. Sebenarnya landasan pacu yang ada, sudah standar. Tapi jika diperpanjang landasannya, jelas lebih baik lagi,” kata Dedy mengakhiri. (*andi surya) 

Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari KABARTERKINI.co.id. Ayo bergabung di Facebook dan Instagram KABARTERKINI.co.id, atau klik link https://www.kabarterkini.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini