Perbatasan Indonesia, Kemendikbudristek Lakukan Penelitian Literasi Nasional

0
275
FOTO bersama di TBM Desa Pulau Tiga, Kecamatan Pulau Tiga Barat

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI melalui Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melakukan penelitian literasi nasional di Kabupaten Natuna. Penelitian berlangsung di sejumlah kecamatan di kabupaten ujung utara Indonesia itu.

“Penelitian kita lakukan dengan judul: Peran Komunitas Literasi dalam Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Natuna,” kata Ketua Tim Kemendikbudristek RI melalui Kantor Bahasa Provinsi Kepri Teguh pada sejumlah awak media, Rabu 15 September kemarin.

Gerakan literasi nasional di kabupaten perbatasan ini, sambung Teguh, sangat luar biasa. Karena pemerintah serta masyarakatnya sangat antusias berperan dalam memajukannya. “Kegiatannya telah kita laksanakan dari 10 September hingga 15 September lalu,” ujar Teguh.

Sekretaris Dinas Pendidikan Natuna, Muhammad Faisal mengatakan, demi menggerakkan literasi nasional, pihaknya memprioritaskan pendirian dan fasilitas kegiatan forum Taman Bacaan Masyarakat atau TBM.

“Kita harus mendukung kegiatan ini,” kata Faisal. “Semua itu mencerdaskan dan meningkatkan minat baca masyarakat Natuna.”

Kepala Desa Pulau Tiga Rozain mengatakan, demi menggerakan literasi nasional, pihaknya telah menganggarkan dana desa sekitar Rp8 juta. Anggaran untuk penyediaan buku dan operasional TBM. “Kami terus bergerak,” katanya.

Ketua Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Natuna Rika mengaku sejauh ini telah berkolaborasi dengan TBM Natuna, untuk melaksanakan kelas menulis bagi penggiat literasi. “Kita ingin memberikan semangat masyarakat,” ucapnya. (*zani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here