Percantik Wajah Ibukota, Gubernur Kepri Gesa Pembenahan Infrastruktur

0
119
SALAH satu sudut wajah Kota Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, KABARTERKINI.co.id – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi Kepri mengubah wajah Kota Tanjungpinang. Dengan mengadakan serta membenahi berbagai fasilitas publik demi menjadikan Ibukota Provinsi Kepri ini setara dengan kota-kota maju di Indonesia.

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menyampaikan mimpinya soal bagaimana Tanjungpinang kedepan, bagaimana kota yang dulunya merupakan ibukota Provinsi Riau ini berubah menjadi tujuan pariwisata dunia, dimana orang-orang, termasuk wisatawan asing dengan nyaman ‘berseliweran’ berwisata di dalam kota.

“Saya membayangkan geliat wisatawan tidak berhenti. Lalu mereka datang menceritakan ke orang di luar sana mengenai kenyamanan Tanjungpinang. Menyebut kota ini bukan Pangkalpinang,” kata Ansar saat mengukuhkan Kepengurusan Kerabat Provinsi Kepulauan Riau Jakarta (KPKRJ) di Hotel Paragon, Jakarta, awal Juni lalu.

Mantan anggota DPR RI itu juga mengenang perpindahan ibukota Riau ke Pekanbaru. Tidak hanya disebabkan jauhnya rentang kendali, tetapi disebabkan belum memadai infrastruktur yang ada. Dari berbagai latar belakang inilah ia bersama wakilnya, Marlin Agustina menjadikan pembenahan Kota Tanjungpinang, salah satu konsen pekerjaan sejak awal mengemban tugas memimpin Kepri.

Berbagai proyek mempercantik ibukota Kepri kemudian diwujudkan. Mulai dari merevitalisasi Pulau Penyengat, mempercantik Kawasan Kota Lama Tanjungpinang, membangun jalan layang (flyover) menuju Pulau Dompak, pembuatan Tugu Bahasa, penataan Akau Potong Lembu, pengintegrasian Pelantar I dan Pelantar II, penyelesaian Kawasan Gurindam 12 Tepi Laut, hingga pembenahan jalan menuju Bandara Raja Haji Fisabilillah.

“Kepada jajaran OPD Kepri, saya selalu mengingatkan agar selalu serius menyelesaikan semua proyek yang sedang maupun akan berjalan. Sehingga anggaran besar yang digelontorkan untuk banyak proyek penataan Kota Tanjungpinang tidak sia-sia,” kata Ansar.

Mantan Bupati Bintan dua periode ini tidak mau tanggung-tanggung dalam menjadikan Kota Tanjungpinang lebih berestetika. Ia mengistilahkan Tanjungpinang sebagai “Ruang Tamu” yang mencerminkan wajah Kepri.

“Tanjungpinang ini adalah Kota Tua yang harus kita jaga dan rawat. Wajah Provinsi Kepri berada di Tanjungpinang. Sudah seharusnya terus dipercantik,” tegas Ansar. (*juwono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here