Perkuat Keamanan Laut, Mako Guspurla Koarmada I Pindah ke Tengah Asean

0
149
KOMANDA Guspurla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Hudiarto Krisno Utomo saat di wawancara sejumlah awak media di Pantai Piwang

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I bakal bermarkas di Faslabuh, Selat Lampa, Kabupaten Natuna. Kebijakan ini dilakukan demi memperkuat keamanan kabupaten kepulauan perbatasan di tengah negara Asean ini.

Komandan Guspurla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Hudiarto Krisno Utomo mengatakan, selama ini Markas Komando Guspurla Koarmada I berada di Jakarta. Karena Natuna merupakan wilayah strategis nasional, maka markasnya dipindahkan.

“Akhir tahun, kita pindah. Nanti Guspurla Koarmada I dipimpin Jenderal bintang satu. Saat ini, kita sedang dalam tahapan persiapan markas,” kata Hudiarto pada sejumlah awak media usai Upacara Peringatan HUT ke-77 TNI di Pantai Piwang, Rabu 5 Oktober 2022.

Tidak lupa, Jenderal TNI Angkatan Laut bintang satu emas itu mengucapkan terimakasih pada Pemerintah Kabupaten Natuna yang telah memberi dukungan atas dibangunnya Mako Guspurla Koarmada I. Sehingga pembangunan berjalan aman dan lancar.

“Guspurla Koarmada I sebagai komando pelaksana operasi tempur di kawasan barat Indonesia dan posko keamanan laut terintegrasi yang akan menjadi bagian dari penguatan satuan TNI di Natuna,” kata Hudiarto.

“Sebagai pulau berbatasan langsung Laut China Selatan, Natuna berperan sebagai pangkalan terdepan melakukan proyeksi kekuatan TNI hingga ke Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI),” katanya lagi. (*red)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here