Tengah Asean, Sekjen Bawaslu RI Kunker

0
256
TEPUNG tawar

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Sekretaris Jenderal Bawaslu Republik Indonesia Gunawan Suswantoro melaksanakan kunjungan kerja di Ranai, Natuna. Dalam kunker, orang nomor dua pemantau pemilu Indonesia ini, ingin rapat koordinasi, sekaligus memantau langsung Kantor Bawaslu kabupaten kepulauan perbatasan di tengah negara Asean ini.

“Kunjungan saya ke Natuna, ingin rapat koordinasi tentang pengelolaan anggaran hibah Bawaslu provinsi, kabupaten dan kota se -Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Acara rakor kita fokuskan di aula Hotel Tren Central, Ranai, selama tiga hari, dari tanggal 3 hingga 5 Oktober 2020,” ungkap Gunawan di Bandara Raden Sadjad Ranai, Sabtu 3 Oktober 2020.

Seusai di Bandara, ia bersama rombongannya langsung bertolak menuju Kantor Bawaslu Natuna, Jalan Datok Kaya Wan Mohammad Benteng, Ranai. Lalu disambut prosesi pemasangan Tanjak dan tepung tawar oleh ketua dan anggota Bawaslu Kepri dan Natuna.

Sementara dalam Rakor di Hotel Tren Central, Gunawan berpesan pada peserta yang hadir agar selalu berpikir tentang Demokrasi Pemilu dan Kelembagaan Pemilu. Hal ini penting, jangan hanya paham teknis pilkada, keuangan dan administrasi.

“Kita harus membuka cakrawala tentang Demokrasi Pemilu dan Lembaga Pemilu. Sehingga kerja kita semakin profesional serta independen,” ungkapnya.

Gunawan berharap pada ketua serta anggota Bawaslu, ketika tidak ada pemilu, agar terus berbenah, baik dari sisi internal maupun exernal. Mengingat masih banyak harus dibenahi, misal peningkatan kapasitas anggota, melalui program pengawasan partisipatif.

“Dalam program prioritas nasional, kita wajib meningkatkan kualitas demokrasi. Peningkatan ini tidak bisa dilakukan setahun sebelum pemilihan tapi setiap waktu,” pungkasnya. (*andy surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here