UMKM Binaan PLN Siap Meriahkan Gelaran MotoGP  di Sirkuit Mandalika

0
198
SIRKUIT Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (foto istimewa)

LOMBOK, KABARTERKINI.co.id – Tidak hanya menjamin keandalan pasokan listrik, PT PLN (Persero) juga turut menyiapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mitra binaannya demi meramaikan ajang MotoGP yang bakal digelar 18 – 20 Maret 2022 di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN, Agung Murdifi menyampaikan, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli mendorong UMKM kembali menyambut ajang MotoGP 2022, setelah sebelumnya sukses saat perhelatan World Super Bike (WSBK) 2021. Dengan keikutsertaan UMKM di bawah binaan PLN Peduli pada MotoGP 2022 dapat mendongkrak perekonomian daerah.

“PLN Peduli terus berupaya hadir mengembangkan UMKM melalui pembinaan keterampilan usaha, tata kelola, hingga pemasaran. Dengan begitu, UMKM binaan kami sangat siap meramaikan gelaran besar di Mandalika,” ujar Agung melalui keterangan tertulis, Ahad 13 Maret 2022.

Beberapa UMKM binaan PLN Peduli, menurutnya, yakni UMKM Telur Asin dari kelompok Lumbung Kreatif di Gunungsari Lombok Barat, maupun UMKM Jahe Merah dari kelompok Tani Sejahtera di Lombok Barat mengaku sudah siap memeriahkan kompetisi balap motor terbaik di dunia tersebut.

Ketua Kelompok Tani Sejahtera Safwan menuturkan, pengalaman keikutsertaannya pada saat perhelatan WSBK 2021 sangat mendongkrak pemasaran produk jahe merah yang diproduksi langsung oleh kelompoknya.

“Gelaran bertaraf internasional seperti WSBK kemarin menjadi ajang yang sangat membantu promosi produk-produk kami. Market goal-nya pun nasional dan bahkan dapat kita promosikan ke pengunjung mancanegara yang berdatangan,” ucapnya.

Safwan juga menambahkan bahwa tantangan yang harus dijawab adalah tentang menyiapkan produk yang bersaing, baik dari sisi tampilan, harga yang relevan, promosi yang menarik dan tentunya kualitas produk itu sendiri.

“Selama ini kami dibina melalui PLN Peduli untuk mempersiapkan hal-hal demikian. Mulai dari produk, kualitas produk, izin-izin yang diperlukan dan juga di sisi pemasaran. Kami siap meramaikan event yang berlangsung di Mandalika,” imbuh dia.

Senada, Ketua Kelompok Lumbung Kreatif Dewi Suci Wulandari, ajang MotoGP 2022 menjadi kesempatan yang sangat besar bagi UMKM untuk dapat naik kelas. Hal ini memacu kelompoknya untuk menghasilkan produk yang dapat diterima pasar melalui persiapan jumlah kapasitas produk, kualitas kemasan, dan yang utama promo produk yang terus menerus.

“Kami tidak dapat melewatkan kesempatan ini. Kelompok kami pun sudah menjalin komunikasi dengan dinas terkait tentang persiapan yang harus kami siapkan. Tentunya didukung juga oleh PLN Peduli. Kelompok kami juga harus bisa mandiri,” papar Dewi. (*andi surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here