Wabup Hadiri Kegiatan IVA Gratis bagi Masyarakat Digelar Dinkes Natuna

0
1219
WABUP Natuna Rodhial Huda saat sedang bersenda gurau pada salah seorang balita (dok. istimewa)

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda menghadiri kegiatan Inspeksi Visual Asetat (IVA) secara gratis bagi masyarakat digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Natuna. Kegiatan berlangsung di Pantai Piwang, Ranai, Ahad 4 Februari 2024.

Sementara IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker serviks atau kanker leher rahim sedini mungkin. Kegiatan ini adalah pemeriksaan skrining dari Pap Smear.

Kepala Dinkes Natuna Hikmat Aliansyah mengatakan, kegiatan IVA dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesehatan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), namun terbuka untuk masyarakat umum.

“Karena memang kami mendapat surat dari Kementerian Kesehatan agar melaksanakan IVA. Karena kegiatan ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia,” kata Hikmat.

Kegiatan IVA, sambungnya, disejalankan dengan senam bersama KPPS se-Kecamatan Bunguran Timur, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan bulan timbang Posyandu dalam pemberian vitamin A pada anak.

“Nah untuk menghemat anggaran, seluruh kegiatan, kami bekerjasama dengan IBI, Persagi dan lain-lain,” kata Hikmat sambil berharap, melalui kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya kaum perempuan Natuna. (*iwan)

Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari KABARTERKINI.co.id. Ayo bergabung di Facebook dan Instagram KABARTERKINI.co.id, atau klik link https://www.kabarterkini.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini