Aceh Tamiang Menuju Kabupaten Sehat

0
258

kabarterkini.co.id, ACEH TAMIANG – Bupati Aceh Tamiang H. Mursil bersama istri, Rita Syntia melaksanakan acara ramah tamah dengan Tim Penilai Asuhan Mandiri – Tanaman Obat Keluarga (Asman – Toga) Kementerian Kesehatan RI dan Tim Pembina Asman – Toga Pemerintah Provinsi Aceh. Acara ramah tamah berlangsung di pendopo rumah Bupati Aceh Tamiang, Rabu 18 September 2019.

Tim Pembina Asman Toga Pemerintah Provinsi Aceh Dr. Diah Erti Idawati, yang juga istri Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah saat diwawancara INews TV dan SCTV mengatakan, kegiatan di Aceh Tamiang dalam rangka penilaian Asman Toga Tingkat Nasional. Sejauh mana, Asman Toga Aceh Tamiang diterapkan di desa-desa, kelompok, pribadi dan masyarakat dinilai sangat bagus.

Asman Toga merupakan jenis tanaman obat-obatan herbal. Yang ditanam diseputaran pekarangan rumah. Jenis tanaman ini, sangat berguna bagi ibu-ibu hamil dan mencegah stunting di Aceh pada umumnya, Aceh Tamiang khususnya.

Saat ini Aceh Tamiang mewakili Aceh dalam penilaian perlombaan Asman Toga Tingkat Nasional. Ia berharap, Aceh Tamiang dapat meraih kemenangan.

“Selamat kepada Ibu Rita Syintia, sebagai juara pertama Asman Toga tingkat provinsi. Yang mewakili Aceh ke tingkat nasional,” kata Diah. “Aceh Tamiang juga menjadi Bunda Paud terbaik tingkat Provinsi Aceh. Sekali lagi Selamat atas capaian diraih, dan dapat terus dipertahankan.”

Sementara, Diah melihat geografis Aceh Tamiang sangat dekat dengan Sumatera. Sehingga membawa keuntungan memasarkan produk-produk Asman Toga, diantaranya, minuman jahe, sirup mengkudu, kain songket, kerajinan tangan kapal pinisi, dan lain.

Otomatis ekonomi Aceh Tamiang jauh lebih maju dari sebelumnya. “Sesuai dengan program Presiden Joko Widodo, SDM unggul Indonesia Maju,” kata Diah. “Aceh Tamiang telah mampu meraihnya.”

Sementara Rita Shintya turut mengajak masyarakat luar, untuk datang ke Aceh Tamiang. Selain panorama alam indah, kuliner khas, dan kerajinan tangan sangat menarik sebagai oleh-oleh.

Sedangkan hasil dari Asman Toga mengandung manfaat bagi kesehatan serta mencegah atau meminimalisir dampak dari stunting.

“Terkait stunting, kami sudah mensosialisaikan hingga ke kampung-kampung agar para ibu hamil dapat menjaga pola asupan makananan seimbang. Selalu menjaga masa kehamilan. Sehingga kelak, ibu dan anak hidup sehat,” ujar Rita. “Kedepan Aceh Tamiang menjadi daerah maju dan sejajar dengan daerah-daerah lain. (*red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here