Antisipasi Virus Corona, Ini Himbauan Bupati Natuna

0
748

Kabarterkini.co.id, Natuna – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal menghimbau kepada seluruh masyarakat Natuna, agar senantiasa menjaga kebersihan serta kesehatan, demi terhindar dari penyebaran virus Corona. Himbauan Ketua DPW Partai Amanat Nasional Kepulauan Riau itu, ditulis di banner, serta di sebar luas disejumlah lini media sosial, Kamis 30 Januari 2020.

Sementara virus Corona, suatu penyakit sedang “naik daun” diseluruh dunia. Penyebaran sangat masif, dan belum ada obat pencegah. Virus dari Wuhan, China ini diduga berasal dari mengkonsumsi makanan tidak sehat, seperti hewan tidak halal.

Jadi Hamid sebagai kepala daerah di kabupaten perbatasan dengan negara China, Kamboja, Vietnam, Thailand, Brunai, Malaysia, Singapura dan Malaysia timur ini, harus mengantisipasi, sehingga masyarakatnya bisa terhindar dari penyakit membahayakan itu.

Berikut himbauan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal disebar melalui banner, merujuk Surat Edaran Kementerian Kesehatan RI Nomor: SR.02.02/II/270/2020. Dalam Surat Edaran, dari 2.798 kasus terjangkit virus Corona, 80 orang mengalami kematian. Semua kematian berasal dari China.

Sedangkan penyebaran virus diluar China, ada 11 negara, yaitu: Jepang, Korea Selatan, Vietnam, Singapura, Australia, Malaysia, Thailand, Nepal, Amerika Serikat, Kanada dan Perancis. Untuk itu, Hamid menghimbau agar masyarakat Natuna mengantisipasi penyebaran virus Corona, dengan cara:

1. Menghindari kontak dengan orang sakit infeksi saluran pernafasan.

2. Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, terutama cuci tangan pakai sabun.

3. Banyak konsumsi sayur dan buah, rajin melakukan aktifitas fisik, minimal 30 menit setiap hari.

4. Menggunakan masker dan mempraktekan etika batuk, dengan cara jaga jarak, tutup mulut dan hidung dengan tisu atau kain batuk bersih, dan selalu cuci tangan.

5. Memeriksakan diri ke puskesmas terdekat jika mengalami gejala gangguan saluran pernafasan.

6. Tetap waspada dan jangan panik. (*andy surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here