Asisten I Setda Natuna Lantik 45 Anggota BPD Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat Periode 2021-2027

0
178
SAMBUTAN Asisten I Setda Natuna Budi Darma

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Asisten I Setda Natuna Budi Darma melantik secara resmi 45 anggota DPD Kecamatan Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat Periode 2021-2027. Pelantikan berlangsung di Gedung Serbaguna Kecamatan Pulau tiga, Tanjung Persenangan, Senin 1 Februari 2021.

“Sebagai perwakilan Pak Bupati, saya ucapkan selamat pada anggota BPD baru dilantik,” kata Budi Darma. “Pak Bupati minta maaf tidak bisa hadir, karena beliau ada tugas penting diluar daerah.”

Menurut Budi, tugas anggota BPD sangat strategis. Selain berperan sebagai penyerap aspirasi masyarakat, jabatan ini juga menjalankan kewenangan sebagai penyeimbang dan pengawas terhadap pelaksanaan program kerja pemerintahan desa. Dengan harapan dapat realisasi program pembangunan desa sesuai telah direncanakan.

“Anggota BPD dituntut responsif dalam mengamati kondisi desa,” kata Budi. “Dengan ikut merancang regulasi pada gilirannya memberikan pengaruh positif bagi aktifitas perekonomian dan pelayanan bagi masyarakat desa.”

Yang tidak kalah penting, sambungnya, mengingat saat ini dimasa pandemi Covid-19 yang mempengaruhi pola kehidupan masyarakat luas, BPD dan pemerintah desa diharap mampu menyikapi dengan bijak. Demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jadi anggota BPD dan pemerintah desa harus mengutamakan penanganan Covid-19 agar tidak tersebar diwilayahnya,” saran Budi. “Melalui penerapan protokol kesehatan, serta pemberdayaan potensi ekonomi desa lebih optimal demi meningkatkan perekonomian masyarakat.”

Terakhir, ia melihat komposisi BPD Periode 2021-2027 yang baru dilantik ini, keterwakilan kaum perempuan sudah memenuhi kuota, yakni 16 orang, atau 35 persen dari 45 orang dari sembilan desa.

Otomatis peluang besar bagi kaum perempuan memberikan perhatian dan fokus pada beberapa bidang pembangunan. Seperti, terang Budi, “Peningkatan pelayanan kesehatan anak dan ibu hamil, perbaikan gizi serta pencegahan stunting di tingkat desa.” (*pro_kopim/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here