Bupati Asahan Ikut Zoom Meeting Gubernur Sumatera Utara

0
121
GUBERNUR Sumatera Utara Edy Ramayadi saat zoom meeting

ASAHAN, KABARTERKINI.co.id – Bupati Asahan Surya mengikuti zoom meeting dari ruang Command Centre Kantor Bupati Asahan, Selasa 27 Juli kemarin. Zoom meeting digelar Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Tampak dalam acara, seluruh Kepala Daerah se-Sumatera Utara.

Sementara Surya, didampingi sejumlah jajarannya, antara lain, Kepala BPBD Asahan Asrul Wahid, Kasatpol PP Asahan Sofyan Manulang, Kepala Dinas Sosial Asahan Samsuddin dan Kepala Dinas Kesehatan Asahan Elfina br. Tarigan.

“Kepada seluruh Kepala Daerah se-Sumatera Utara agar mengumpulkan Camat, Lurah dan Kepala Desa. Supaya berperan aktif menyampaikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari, demi memutus mata rantai Covid-19,” arahan Edy.

Apabila masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan, menurutnya, otomatis wabah Covid-19 bisa diatasi. Sedangkan masyarakat terdampak Covid-19 dan PPKM, sekitar 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), pemerintah pusat akan memberikan Kartu Sembako senilai Rp200 ribu selama dua bulan.

Pemerintah pusat akan menambah Kartu Sembako selama PPKM Level IV untuk 5,9 juta KPM yang merupakan usulan pemerintah daerah sebesar Rp200 ribu perbulan selama 6 bulan. Pengecekan Kartu Sembako dapat klik https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Bukan hanya itu, pemerintah pusat juga memberi bantuan kuota internet subsidi selama 5 bulan dari Agustus hingga Desember 2021. Lalu, mendiskon listrik selama 3 bulan, dari Oktober hingga Desember 2021, dengan besaran Rp1,91 triliyun untuk 32,6 juta pelanggan.

Sedangkan bantuan beras diberikan sebesar 10 Kg untuk 28,8 juta KPM. Tahap pertama disalurkan kepada 20 juta KPM. Tahap dua kepada 8,8 juta KPM. Untuk bantuan UMKM masing – masing menerima Rp1,2 juta dengan target penerima sebanyak 1,5 juta UMKM yang berupa warung kecil maupun Pedagang Kaki Lima (PKL). Untuk bantuan subsidi upah diberikan kepada pekerja terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Bantuan ini sebanyak dua kali, masing-masing Rp 600 ribu. Jadi totalnya, Rp 1,2 juta.

“Bantuan diberikan pemerintah pusat harus kita sikapi baik. Agar tidak ada permasalahan kedepannya. Maka dari itu saya berharap adanya kepedulian Kepala Daerah dan Forkopimda di daerah masing-masing. Untuk memastikan bantuan tepat sasaran kepada masyarakat terdampak Covid-19,” pungkasnya. (*syahroel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here