Bupati Natuna Hadiri Rapat Virtual Tandatangan Kontrak Pembangunan PLBN Serasan 

0
132
SAMBUTAN Bupati Natuna

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal menghadiri rapat secara virtual Penandatanganan Kontrak, serta Dokumen Konstruksi Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Kecamatan Serasan. Acara terselenggara di Gedung Daerah Kabupaten Natuna, Kamis siang 5 November 2020.

Direktur Bina Penataan Bangunan Kementerian PUPR RI Diana Kusumastuti dalam sambutan mengatakan, PLBN terpadu Serasan merupakan realisasi amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sesuai Keppres Nomor 1 Tahun 2019. Jadi PLBN ini, salah  dari 11 pembangunan PLBN akan dibangun di beberapa daerah perbatasan, dari 2019 hingga 2022.

“PLBN dibangun saat ini sangat beragam, disesuaikan dengan karakter daerahnya, seperti perairan, sungai dan daratan. Sedangkan PLBN di Serasan kebetulan berbatasan dengan laut, proses pembangunan tergolong cukup sulit,” ungkap Diana.

Walaupun proses pembangunan tergolong sulit, sambungnya, PT Adhi Karya dan PT Ciriajasa Cipta Mandiri, selaku pemenang tender dapat membangun PLBN Serasan, sesuai spesifikasi pekerjaan tertuang dalam dokumen kontrak.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal memaparkan, dengan adanya pembangunan PLBN Serasan, peluang pengembangan sektor pariwisata dan perikanan akan terbuka luas. Yang akan berimbas pada peningkatan pemberdayaan masyarakat setempat serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Serasan dan Serasan Timur.

“Pembangunan PLBN Serasan sangat penting. Mengingat perdagangan lintas batas negara sudah terjadi sejak lama, dengan menempuh jarak sekitar 6 jam lebih, masyarakat Serasan sudah sampai di wilayah Sematan, Malaysia Timur,” ungkap Hamid.

Dengan pembangunan PLBN Serasan, pihaknya berharap dapat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat, pendapatan daerah serta menjadi salah satu faktor terwujudnya percepatan kemajuan Natuna.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Albert Reinaldo melaporkan lokasi pelaksanaan pekerjaan PLBN Serasan berada di pelabuhan resmi domestik milik Kementerian Perhubungan. Luas area, 10.870 M3, dengan rincian, daratan 7.216 M3 dan lautan 3.654 M3. Area ini akan dibangun sarana dan prasarana penunjang PLBN Serasan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Natuna atas dukungannya dan telah menghibahkan lahan pembangunan PLBN Serasan. Kami berharap kegiatan pembangunan ini dapat terlaksana sesuai jadwal ditentukan,” kata Albert. (*pro kopim/sri/diana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here