Bupati Secara Resmi Melepas Mahasiswa UNA Ikuti KKN dan Program Kampus Mengajar

0
206
SECARA simbolis, Bupati menyematkan tanda peserta KKN pada salah seorang mahasiswa UNA

ASAHAN, KABARTERKINI.co.id – Bupati Asahan H. Surya secara resmi melepas 115 mahasiswa Universitas Asahan (UNA) akan mengikuti KKN dan Program Kampus Mengajar, Senin 22 Maret 2021. Para mahasiswa yang ikut dinyatakan lulus program Kampus Mengajar Angkatan I dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono mengatakan, dari 115 mahasiswa UNA yang lulus seleksi program Kampus Mengajar terdiri dari 89 mahasiswa Fakultas FKIP, 7 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan 19 mahasiswa Fakultas Teknik.

“Kami merasa bangga kepada para mahasiswa UNA yang lulus seleksi,” ungkap Harsono. “Kegiatan KKN dan Kampus Mengajar ini merupakan kesempatan kalian mengabdikan diri pada bangsa dan negara.”

Dengan melaksanakan kegiatan KKN dan Kampus Mengajar, menurutnya, secara otomatis para mahasiswa akan mendidik generasi penerus bangsa, khusus di Asahan. Jadi kegiatan ini sangat mendukung roda pembangunan Asahan kedepan.

“Saya berharap pada mahasiswa yang lulus dari program Kampus Mengajar dan kepada 667 mahasiswa KKN UNA lain,” pesan Harsono. “Berikan terbaik bagi masyarakat, terutama generasi mudanya.”

Ketua Yayasan UNA Mapilindo mengucapkan selamat kepada mahasiswa telah lulus program Kampus Mengajar. Semoga para mahasiswa dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Adik-adik mahasiswa harus selalu aktif dalam tugasnya,” pesan Mapilindo. “Sehingga masyarakat atau generasi muda sangat senang dengan pengabdian diberi mahasiswa UNA.”

Bupati Asahan H. Surya dalam sambutan mengatakan bahwa program Kampus Belajar merupakan program nasional yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada Februari 2021 lalu. Program ini wadah pengabdian civitas akademika kepada masyarakat melalui sekolah.

Antara lain, membantu para guru dalam pelaksanaan belajar dari rumah atau tatap muka di sekolah untuk peningkatan pembelajaran literasi dan numerasi. Jadi para mahasiswa UNA dapat membantu adaptasi teknologi dan proses pembelajaran daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) serta mendukung sekolah dalam bidang administrasi serta managerial berbasis sekolah.

“Dari program Kampus Mengajar, mahasiswa telah lulus seleksi sebanyak 115 orang dan dosen pembimbing 7 orang,” papar Surya. “Saya berharap dapat kiranya mendarma baktikan ilmunya pada generasi muda Asahan.”

Selaku kepala daerah, ia berkeinginan agar program Kampus Mengajar dapat terus berjalan dan ditingkatkan. Karena program ini berkontribusi positif dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Asahan untuk melakukan langkah – langkah cepat, akurat dan terukur, sebagai upaya mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera, religius dan berkarakter.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan, saya mengucapkan selamat bekerja dan tunaikan tanggungjawab dengan ketulusan hati,” kata Surya. “Adik-adik mahasiswa harus terus berkarya dan mengabdi pada masyarakat, khususnya generasi muda.” (*syahroel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here