Curah Hujan Tinggi, Kapolres Kepulauan Anambas Sidak Kawasan Rawan Banjir

0
394
KAPOLRES Kepulauan Anambas AKBP Cakhyo Dipo Alam (tengah) sedang memantau aliran sungai

ANAMBAS, KABARTERKINI.co.id – Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Cakhyo Dipo Alam inspeksi mendadak (sidak) sejumlah kawasan rawan banjir. Semua itu, demi antisipasi banjir bandang dan tanah longsor, sempat melanda sejumlah kecamatan di kabupaten kepulauan perbatasan itu, beberapa hari lalu.

“Dua hari belakangan ini, curah hujan cukup tinggi. Jadi kita mengecek aliran sungai. Jangan sampai tersumbat. Bahaya, bisa membuat banjir serta tanah longsor. Karena air tidak lancar mengalir,” kata AKBP Cakhyo Dipo Alam melalui keterangan tertulis, Ahad 10 Januari 2020.

Salah satu sungai di cek perwira Kepolisian melati dua emas itu, yaitu Sungai Sugi, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan. Meski dalam pengecekan bersama Kapolsek Siantan AKP Septimaris, hujan masih belum reda.

“Perkiraan BMKG, sejak Jumat kemarin hingga hari ini curah hujan, angin kencang dan gelombang cukup tinggi. Jadi kita harus waspada, jangan terulang kembali banjir bandang dan tanah longsor di sejumlah kecamatan di Kepulauan Anambas,” ulangnya.

Hasil pemantauan Cakhyo di sejumlah sungai tempat tampungan akhir air dari darat cukup aman. Tidak terlihat tersumbat oleh sampah atau ranting pohon. Sehingga Kepulauan Anambas, khusus kawasan rawan banjir dalam kondisi normal dan aman.

“Saya menghimbau pada masyarakat Anambas, jangan buang sampah sembarangan, terutama di aliran air. Kita harus antisipasi banjir bandang dan tanah longsor sedini mungkin,” kata Cakhyo bersama personelnya tampak menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak. (*sarnilam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here