DLH Kota Batam Serius Tangani Masalah Sampah  

0
118
PETUGAS DLH Kota Batam membersihkan sampah berserakan dijalan

BATAM, KABARTERKINI.co.id – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam Herman Rozi, selama ini serius menangani pengelolaan dan penertiban sampah. Hal itu perlu dilakukan, supaya kondisi Kota Batam tetap bersih, indah, nyaman dan asri.

Namun, karena selama ini sering terjadi pembuangan sampah sembarangan dilakukan oknum tidak bertanggungjawab, tentu mengganggu pengguna jalan, terutama masyarakat sekitar. Sebab pembuangan sampah sembarangan, menjadi sumber penyakit, dan menimbulkan aroma kurang sedap.

Salah satunya di lokasi jalan yang berdekatan dengan SMA Negeri 01 Batam, Kecamatan Sekupang. Pada lokasi jalan kerap dijadikan tempat pembuangan sampah, yang diduga sengaja dibuang oknum dari berbagai lokasi permukiman.

Sarmadi (41), salah seorang warga menyebut, selama ini lokasi tepi jalan yang berdekatan dengan SMA Negeri 01 Batam itu, menjadi langganan oknum tidak bertanggung jawab.membuang sampah. Mereka menyulap jalan menjadi tempat pembuangan sampah.

Padahal selama ini, sering terlihat, pihak pengelola sampah membersihkan jalannya. Namun sangat disesalkan, masih banyak oknum membandel dan tidak sadar betapa pentingnya kebersihan dan keindahan lokasi sekitar.

“Kita kesal melihat sejumlah oknum, sengaja buang sampah sembarangan. Padahal sudah disediakan pemerintah, tempat pembuangan sampah. Hanya saja, kita lihat mereka malas turun dari motornya, hingga membuang sampah main lempar begitu saja, terus tancap gas,” kata Sarmadi dengan geleng kepala.

Segendang seirama dikatakan Ruslan, salah seorang pegawai pengawas dari DLH Kota Batam saat berada di lokasi pembuangan sampah, Senin 22 Februari 2021 menyebut, pihaknya sangat menyesalkan sikap oknum, yang sengaja membuang sampah ditepi jalan.

“Kita sudah berulang kali mengingatkan oknum-oknum itu, dengan lisan maupun tulisan. Tapi masih ada yang membandel dan terkesan tidak menggubris. Kita sudah sediakan tempat sampah di lokasi ini, tapi mereka tak mau membuang sampah ke tempat yang sudah disiapkan,” katanya sedikit serius.

Ruslan juga mengaku, pihaknya selama ini sudah sering menangkap oknum kepergok membuang sampah sembarangan. Namun hanya diberi teguran dan peringatan.

“Meski ditegur, mereka masih membandel. Terpaksa kita bersihkan sampah berserakan ini. Kalau ada lagi kedapatan tertangkap tangan, maka kita tak segan-segan memproses, dan akan dikenakan sanksi tindak pidana ringan (tipiring) sesuai aturan berlaku,” pungkasnya. (*simanungkalit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here