DP3AP2KB Imbau Pemerintah Desa Bentuk Desa Ramah Perempuan dan Anak Natuna

0
314

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Pemerintah Kabupaten Natuna, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), kembali menggelar Sosialisasi Pencegahan Kekerasan pada Perempuan dan Anak. Sosialisasi berlangsung di Gedung Serbaguna Singgang Bulan, Desa Cemaga Utara, Kecamatan Bunguran Selatan, Senin pagi 16 Oktober 2023.

Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) DP3AP2KB Natuna Yuli Ramadhanita dalam sambutan mengatakan, negara telah mengatur tentang perlindungan terhadap seluruh warga negara, termasuk laki-laki, perempuan dan anak.

Namun, kenapa pemerintah hanya membentuk lembaga khusus bagi perlindungan perempuan dan anak, dari tingkat Kementerian hingga daerah? Sebab, perempuan dan anak dinilai sebagai makhluk lemah, baik dari segi fisik, mental, ekonomi dan pertahanan diri. Sehingga rawan menjadi korban kekerasan.

“Perlindungan pada perempuan dan anak diatur dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual, sejalan dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004,” kata Yuli sambil menambahkan, untuk itu, dinasnya mengimbau kepada seluruh pemerintah desa, agar dapat membentuk Desa Ramah Perempuan dan Anak.

“Maksudnya ramah disini, bukan kita ramah kepada mereka dengan bertegur sapa dan senyum. Namun bagaimana dapat menjamin keamanan dan keselamatan bagi setiap perempuan dan anak di desanya,” kata Yuli.

Pola asuh salah terhadap anak, sambungnya, dapat juga menjadi pemicu terjadinya kekerasan. Jadi orang tua harus bisa memberikan perhatian khusus pada tumbuh kembang anak. Orang tua harus menjadi sosok teman dan sahabat bagi anak-anaknya, dan dapat menjadi pendengar setia atas setiap masalah di hadapi mereka.

“Kekerasan pada perempuan dan anak bisa juga dari faktor ekonomi. Permasalahan ekonomi menjadi penyebab utama terjadinya kekerasan dalam rumah tangga,” kata Yuli. (*iwan)

Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari KABARTERKINI.co.id. Ayo bergabung di Facebook dan Instagram KABARTERKINI.co.id, atau klik link https://www.kabarterkini.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini