Fraksi DPRD Natuna Setuju APBD-P Natuna 2020 Sebesar Rp1,208 Triliyun

0
256
KETUA DPRD Natuna (kanan) bersalaman dengan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal

Kabarterkini.co.id, Natuna – Setelah melaksanakan pembahasan panjang pada rancangan APBD Perubahan Natuna 2020 yang di sampaikan Bupati Natuna Hamid Rizal beberapa waktu lalu. Maka DPRD Natuna kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pendapat akhir Fraksi DPRD Natuna, Kamis 30 Juli 2020.

Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Natuna Andes Putra itu, seluruh Fraksi DPRD Natuna dapat menerima dan menyetujui APBD-P Natuna 2020 di sahkan, namun dengan beberapa catatan dan saran. Seperti di sampaikan Fraksi PAN, melalui juru bicaranya Wan Ricci mengatakan Rancangan APBD-Perubahan Natuna 2020 dapat benar-benar dimaksimalkan agar menghasilkan memenuhi keinginan masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan.

Fraksi Golkar melalui jubirnya Azi, meminta Pemerintah Kabupaten Natuna menggunakan APBD-P Natuna 2020 dengan efektif dan efisien di sisa waktu tahun anggaran. Dengan membuat laporan penggunaan anggaran daerah lebih akuntable dan transparan.

“Pemerintah daerah harus memberikan perhatian sungguh-sungguh terhadap pelaksanaan dan penerapan anggaran di bidang pendidikan dan kesehatan. Khusus anggaran penanggulangan Covid-19 dipergunakan secara maksimal dan juga transparans,“ pinta Azi.

Fraksi Gerindra  disampaikan Hussin meminta Pemerintah Kabupaten mengadakan dan menambah armada kendaraan Pemadam Kebakaran beserta pakaian anti api. Meminta Pemerintah Kabupaten Natuna mengadakan pengadaan kendaraan dinas operasional di instansi Polisi Pamong Praja serta membangun Kantor Instansi Damkar dan Satpol PP di Natuna.

Fraksi PNR disampaikan Ibrahim meminta Pemerintah Kabupaten Natuna mencari solusi demi mengatasi krisis air bersih yang selama ini sering terjadi di wilayah Ranai dan sekitarnya ketika musim kemarau. Serta meminta kepada pemerintah daerah lebih transparans terhadap penggunaan anggaran penanggulangan Covid-19, agar tidak menimbulkan opini di tengah masyarakat.

Fraksi PPDN disampaikan Erwan Haryadi meminta agar rasionalisasi sebesar 50% pada APBD murni 2020 pada masing-masing OPD untuk melakukan penganggaran kembali untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Meminta agar Pemerintah Kabupaten Natuna segera mungkin menyelesaikan persoalan lahan di Batubi.

“Kami juga minta Pemerintah Kabupaten Natuna segera menyelesaikan permasalahan Asrama Mahasiswa di Jakarta yang sampai saat ini masih di kuasai Pemkab Anambas,“ cetus Erwan.

Sementara, sambungnya, untuk pengadaan mobil dinas baru Bupati dan Wakil Bupati Natuna Periode 2021-2024 seluruh Fraksi DPRD Natuna meminta agar Bupati menunda pengadaannya dengan alasan mobil dinas lama masih sangat layak digunakan.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal dalam tanggapannya menerima dan memenuhi saran dan pendapat dari Fraksi DPRD Natuna dan membatalkan pengadaan mobil dinas baru untuk Bupati dan Wakil Bupati Natuna Periode 2021-2024.

Sedangkan untuk jumlah anggaran perubahan di sepakati DPRD Natuna pada 2020 adalah sebesar Rp1,208,559,075,520.00 yang semula pada APBD murni sebesar Rp1,350,202,000,000.00 mengalami pengurangan sebesar Rp141,642,924,480.00. (*andy surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here