Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih, Pemprov Kepri Siap Kibarkan Hingga Kepelosok Desa

0
59
FOTO istimewa

TANJUNGPINANG, KABARTERKINI.co.id – Pemerintah Provinsi Kepri sangat mendukung ‘Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih’ yang diselenggara Kemendagri Republik Indonesia. Gerakan ini sesuai Surat Keputusan Kemendagri Nomor: 003.1/4397/SJ pada 29 Juli 2022.

Isi surat, dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI. Dengan surat tersebut, Pemerintah Provinsi Kepri pun langsung melanjutkan ke seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Kepri.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kepri Hasan, melalui sekretarisnya, Aludin Andi mengatakan bawa Gerakan 10 Juta Bendera, merupakan program kolaborasi antara Direktur Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri bersama Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota melalui Badan Kesbangpol-nya.

“Pembagian 10 juta bendera Merah Putih ini dipandang perlu karena selain momennya tepat, juga bagian dari upaya menyemarakkan, serta menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia,” kata Andi melalui keterangan tertulis, Kamis 11 Agustus 2022.

“Atas surat Kemendagri tersebut, Pak Gubernur pun segera menyurati Badan Kesbangpol Kepri agar mengkoordinir dukungan, berupa menyediakan dan membagikan bendera sesuai arahan,” katanya lagi.

Gerakan ini, sambungnya, dengan pemikiran bahwa bendera Merah Putih merupakan identitas, simbol, dan alat pemersatu masyarakat Indonesia. Yang selama bulan kemerdekaan akan berkibar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Program ini juga dilaksanakan dengan menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat, baik secara pribadi, kelompok, organisasi kemasyarakatan, unsur pemerintahan maupun swasta.

“Pemerintah daerah agar melibatkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pimpinan instansi lainnya, serta menugaskan Bakesbangpol sebagai koordinator pelaksana,” jelas Andi sambil menambahkan, pembagian bendera kepada masyarakat di mulai sejak 1 Agustus hingga 31 Agustus 2022.

“Kemarin, kita telah menyerahkan bendera ke masyarakat dan pedagang kecil di Tanjungpinang. Pada intinya, tujuan kegiatan ini, kita ingin seluruh elemen masyarakat turut mensukseskan Hari Kemerdekaan dengan batas waktu telah ditentukan,” pungkasnya. (*juwono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here