Gubernur Kepri Bakal Terima Penghargaan Provinsi Terbaik dalam Indeks Kebebasan Pers Tahun 2021

0
448
GUBERNUR Kepri Ansar Ahmad (kiri) saat menerima buku tentang Pers dari Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh

TANJUNGPINANG, KABARTERKINI.co.id – Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh bakal memberikan penghargaan bergengsi kepada Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad. Penghargaan bergengsi itu, yakni sebagai Provinsi Terbaik dalam Indeks Kebebasan Pers Tahun 2021.

“Penghargaan ini merupakan hasil survei Indeks Kebebasan Pers. Jadi saya sangat mengapresiasi, Pemerintah Provinsi Kepri dan masyarakatnya lebih maju dalam hal kebebasan pers,” sambutan Muhammad Nuh di Ballroom Hotel Aston Tanjungpinang, Kamis 4 November 2021.

Pers, sambungnya, merupakan pilar ke-empat dalam demokrasi. Dengan tercipta kebebasan pers, menandakan kehidupan demokrasi di Kepri sangat bagus. Sesuai tujuan para pendiri Bangsa dan Negara Indonesia yang dicetus 76 tahun silam.

“Jangan sampai di era keterbukaan informasi sekarang ini, Kebebasan Pers malah semakin merosot. Otomatis menciptakan demokrasi semu,” kata Muhammad Nuh.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad merasa senang atas prestasi di raih Kepri, sebagai Provinsi Terbaik dalam Indeks Kebebasan Pers Tahun 2021. Apalagi pemerintahannya selalu menggandeng insan pers sebagai mitra dalam menyebarkan informasi pembangunan dan sebagainya.

“Kami akan terus menyertakan kawan-kawan pers untuk berkolaborasi dan bersinergi mewujudkan keterbukaan dalam pemerintahan. Karena secara konseptual Kebebasan Pers merupakan bagian dari pemerintahan bersih,” ucap Ansar.

SAMBUTAN Gubernur Kepri Ansar Ahmad

Tanpa peran pers, menurutnya, tidak ada arti program telah dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kepri. Karena masyarakat tidak akan mengetahui, tanpa pemberitaan dari insan pers.

“Media massa mempunyai fungsi melakukan check and balance terhadap penyelenggaraan pemerintahan. Sehingga Kebebasan Pers merupakan wujud dari pemerintahan bijaksana dan akuntabel,” kata Ansar.

Dengan memperoleh penghargaan Indeks Kebebasan Pers Tahun 2021, politisi Partai Golkar itu akan memacu pemerintahannya bekerjasama dengan pers. Sebagai mitra dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan demi masyarakat Kepri lebih baik kedepannya.

“Saya selalu terbuka atas koreksi dan kritikan dari rekan-rekan pers. Tentu kritikan disampaikan sesuai dengan kaidah-kaidah dan Kode Etik Jurnalistik,” kata Ansar.

Sebelumnya, Kepri selalu berhasil masuk peringkat 10 besar Indeks Kebebasan Pers. Tahun ini, paling terbaik. Jadi direncanakan Ansar akan menerima langsung penghargaan sebagai Provinsi Terbaik dalam Indeks Kebebasan Pers Tahun 2021 pada 9 Desember 2021 di Jakarta.

Sementara tampak hadir dalam acara, antara lain, Direktur Politik dan Komunikasi Bappenas RI Wariki Sutikno, anggota Dewan Pers Ahmad Jauhar dan Arif Zulkifli. (*juwono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here