Jadi Wakil Bupati Natuna, Peran Wak Yal Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

0
416
WAK Yal (tengah) sedang paparkan perannya menjadi Wakil Bupati Natuna

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Calon Wakil Bupati Natuna Nomor Urut 2, Rodhial Huda telah berbagi tugas dengan Calon Bupati, Wan Siswandi jika terpilih menjadi pemimpin Natuna. Wak Yal -sapaan akrabnya- akan bertugas meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Saya akan manfaatkan sumber daya alam kabupaten perbatasan ini, untuk tingkatkan perekonomian masyarakat, dari perikanan, migas, perkebunan dan pariwisata. Saya juga akan memprioritaskan peningkatan sumber daya manusia, khusus generasi muda,” papar Wak Yal saat kampanye terbatas di salah satu rumah warga Desa Batubi Jaya, Kecamatan Bunguran Batubi, Rabu 11 September 2020.

Sumber daya perikanan, ungkap Tokoh Maritim Indonesia itu, belum dimanfaatkan maksimal di Natuna. Padahal dari hasil perikanan, semua pelaku usaha bakal mendapat uang, dari nelayan, penjual ikan, penampung ikan, pembersih ikan, pengelola ikan menjadi bahan makanan dan terakhir penjual olahan makanan dari ikan ke konsumen.

“Contoh kecil, bahan makanan dari ikan, seperti kerupuk atau bakso. Jika kita kemas demikian rupa, apa tidak laku dijual di supermarket di luar daerah. Apalagi makanan dari Natuna, bahan baku murni daging ikan, beda dengan daerah lain. Kenapa daerah lain laku dipasaran. Karena daerah lain itu, pemerintah mereka hadir membantu pelaku usaha kecil,” ungkap Wak Yal.

Sumber daya migas, pihaknya harus memberi kemudahan investor ingin investasi di kabupaten ini. Misal, memberi fasilitas lahan, investor ingin membangun basecamp migas. Otomatis akan semakin meningkat Dana Bagi Hasil Migas Natuna. Selama ini basecamp migas Natuna diluar daerah, alhasil biaya transportasinya mengurangi DBH Migas Natuna.

“Ada salah satu investor ingin investasi membangun basecamp migas di Natuna. Mereka akan bangun, jika kami terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Natuna 2021-2024. Mengingat investor itu, hanya percaya pada pemimpin paham tentang migas dan fasilitas pendukungnya,” terang Wak Yal.

Dari migas, menurutnya, peran pemerintah mempersiapkan SDM generasi muda. Mengingat generasi muda Natuna kebanyakan tamatan sarjana umum, harus diberdayakan BLK. Sehingga mereka bisa belajar secara kilat, agar ahli pada bidang migas.

“Kami tidak mau berjanji muluk-muluk, jika terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Natuna, akan menjadikan generasi muda sebagai honorer atau PNS. Karena jumlah honorer dan PNS di Natuna, tidak memungkinkan akan terjadi penambahan. Apalagi seleksi PNS menjadi wewenang pemerintah pusat,” ungkap Wak Yal.

Sama dengan sumber daya perkebunan dan pariwisata, terangnya, akan prioritas dibangun, dan dipersiapkan SDM-nya. Sehingga Natuna, kaya sumber daya alam ini, tidak menjadi sia-sia.

“Tiap hari, ratusan penerbangan melewati ruang udara Natuna. Coba kita berdayakan bandara yang ada, dengan membuat izin pesawat mancanegara bisa singgah di kabupaten perbatasan ini. Berapa keuntungan di peroleh Natuna,” kata Wak Yal, sambil menambahkan, ia dengan Wan Sis akan mempersiapkan program Wisata Religius, dengan pangsa pasar Brunei, Malaysia dan negara tetangga Muslim lainnya. “Konsep sudah siap, tinggal eksen,” pungkasnya. (*andy surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here