Kepala KKP Natuna Ingatkan Keselamatan Berlayar Paling Utama

0
137
KEPALA KPP Natuna Mexianus Bekabel (foto istimewa)

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Natuna Mexianus Bekabel mengimbau para nelayan atau pengguna angkutan laut tetap waspada. Mengingat cuaca di kabupaten perbatasan ini belum stabil, terkadang hujan disertai angin kencang.

“Kepada kapten kapal atau pemiliknya, khusus kapal ikan, keselamatan paling utama dalam pelayaran,” ucap Mexi pada sejumlah awak media via WhatsApp, Sabtu pagi 25 September 2021.

Selain itu, sambung pejabat akrab dengan awak media tersebut, setiap kapal harus memiliki peralatan berlayar, seperti, radio, GPS dan sejenisnya. Dengan peralatan itu, dapat melihat perkiraan cuaca dari BMKG.

“Ketika gelombang laut sedang kuat, kapten kapal harus mengingatkan ABK-nya, agar berhati-hati saat berlayar. Jangan sampai terjatuh dari kapal, apalagi sampai tidak diketahui. Otomatis sangat membahayakan ABK-nya,” kata Mexi.

Salah seorang nelayan Kecamatan Bunguran Timur Laut, Yunda Syafutra (32) membenarkan, sebulan terakhir ini cuaca di laut tidak menentu. Hujan serta angin kencang, bisa tiba-tiba datang dengan tidak diduga.

“Alhamdulillah, di pompong atau kapal kecil milik saya telah tersedia peralatan seperti GPS, radio hingga HT. Kadang di perairan masih tertangkap signal, saya melihat cuaca melalui aplikasi di ponsel,” pungkasnya. (*zani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here