Kepimpinan Nurhayati Hamid Rizal, TP PKK Natuna Mampu Torehkan Sejumlah Prestasi Gemilang

0
273
KETUA TP PKK Natuna Nurhayati Abdul Hamid Rizal swafoto dengan sejumlah piagam penghargaan

kabarterkini.co.id, NATUNA – Tidak bisa dipungkiri, semenjak dipimpin Hj. Nurhayati Abdul Hamid Rizal, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Natuna terus mengalami kemajuan. Lembaga pembantu Pemerintah Kabupaten Natuna dalam upaya mewujudkan kesejahteraan bagi keluarga itu, terus menunjukkan kehadirannya dengan berbagai kegiatan positif.

TP PKK Natuna langsung bergerak, saat suami Nurhayati, Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal dilantik pada 2016 lalu. TP PKK Natuna menyisir seluruh pengurus TP PKK tingkat kecamatan se- Natuna. Tujuannya, agar setiap Ketua TP PKK kecamatan dapat menjalankan program PKK sesuai tugas dan fungsi lembaga itu.

Alhasil, lembaga dimotori para Ibu-ibu itu, berhasil menorehkan sejumlah prestasi gemilang, dibidang ke PKK-an. Setahun ditangani Nurhayati, TP PKK Natuna sudah berhasil meraih prestasi diajang lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

KETUA TP PKK Natuna Nurhayati Abdul Hamid Rizal saat panen cabe

Yang digelar Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Kepri, di Kota Tanjungpinang, pada Selasa 25 Juli 2017 lalu. Dalam lomba itu, TP PKK Natuna meraih Juara Umum, dan mengalahkan enam Kabupaten/Kota se-Kepri.

Dua tahun berselang, tepatnya 18 Juli 2019, TP PKK Natuna mewakili Dinas Ketahanan Pangan Natuna, kembali meraih juara I dalam lomba Cipta Menu B2SA tingkat Provinsi Kepri. Dengan menampilkan menu paket Lunch Box B2SA Sagu Gulung Komplit produksi olahan lokal.

Berkat raihan itu, TP PKK Natuna mewakili Dinas Ketahanan Pangan Natuna, berhak mewakili Kepri, sebagai peserta pada Ajang Festival Pangan Lokal B2SA tingkat Nasional, yang dilaksanakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, pada 1 November hingga 5 November 2019.

KETUA TP PKK Natuna Nurhayati Abdul Hamid Rizal saat memantau hasil produksi makanan kemasan ibu-ibu PKK

Dalam kejuaraan, TP PKK Natuna berhasil menjadi Juara II, dengan menu andalan, Sagu Gulung Komplit. Tentu semua itu tidak bisa diraih dengan mudah, tanpa ada ketelatenan dari Ketua TP PKK Natuna Hj. Nurhayati Hamid Rizal, dalam membina para kadernya yang tersebar di 15 Kecamatan se- Natuna.

Bahkan atas keberhasilan menangani TP PKK di Bumi Laut Sakti Rantau Bertuah itu, Nurhayati Hamid Rizal berhasil meraih Penghargaan Family Role Mode Award 2019 dan Woment Development Award 2019, yang digelar International Human Resources Development Program (IHRDP) di Foundation Hotel Lumire Jakarta, pada 31 Agustus 2019.

Nurhayati dikenal sebagai sosok wanita cukup tangguh. Meski usia tidak muda lagi. Namun semangat bekerja tidak kalah dengan anak muda.

PANEN raya

Dirinya selalu aktif mendorong beberapa organisasi wanita di kabupaten perbatasan ini, untuk terus maju, demi terwujud pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat Natuna.

Salah satu, dengan melakukan pembinaan terhadap Organisasi Wanita, agar senantiasa mendorong para Ibu Rumah Tangga menciptakan peluang usaha, sebagai pelaku Industri Rumahan (IR).

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar para Ibu Rumah Tangga tidak memiliki pekerjaan tetap, dapat mengembangkan diri membantu perekonomian keluarga. Selama ini dibebankan para suami sebagai kepala rumah tangga.

Nurhayati yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Kabupaten Sehat (FKS) Natuna itu, juga memiliki peran penting bagi Pemerintah Kabupaten Natuna untuk mendapatkan pengakuan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) pada 2019. (*humas)

editor: andy surya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here