Ketua DPRD Natuna Hadiri Upacara HUT ke-103 Damkar Indonesia

0
151
KETUA DPRD Natuna Daeng Amhar (tengah) saat akan memotong tumpeng

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-103 Pemadam Kebakaran (Damkar) Indonesia. Upacara berlangsung di lapangan Laksamana Kantor Dinas Damkar Natuna, Senin 1 Maret 2022.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Natuna, saya mengapresiasi atas kinerja Dinas Damkar Natuna. Karena telah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, meskipun keterbatasan sarana dan prasarana,” kata Sekda Natuna Boy Wijanarko mewakili Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda tampak masih sakit, dan duduk bersama Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar di mimbar acara.

Kedepan, sambungnya, Pemerintah Kabupaten Natuna akan berupaya memperkuat armada Damkar. Sebab perubahan sarana dan prasana Damkar sangat cepat. Sehingga perlu di evaluasi setiap tahun.

WABUP Natuna Rodhial Huda (tengah) bersama Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar

“Meskipun dengan segala keterbatasan, saya berharap Damkar tetap maksimal mengatasi masalah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Natuna. Antisipasi dapat dilakukan dengan cara memberikan pemahaman kepada masyarakat,” kata Boy.

“Dalam waktu dekat ini, kita juga akan mengikuti Rakornas Karhutla. Rakor dipimpin langsung Presiden Joko Wododo, akan diikuti seluruh Gubernur, Kapolda, Danrem, Walikota, dan Bupati se-Indonesia,” katanya lagi.

Kepala Dinas Damkar Natuna Syawal Saleh berharap kedepan sarana dan prasarana armadanya semakin mumpini, seperti daerah lain. Sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Sarana dan prasarana Damkar harus disesuaikan dengan perkembangan zaman. Saat ini sudah ada yang menggunakan bom api untuk menjinakkan kebakaran,” kata Syawal.

SEKDA Natuna Boy Wijanarko turut potong tumpeng

“Sekarang ini, Natuna semakin maju dan berkembang. Kita butuh mobil Damkar yang mempunyai tangga hidrolik. Untuk mengatasi kebakaran gedung-gedung bertingkat,” katanya lagi.

Kendati sarana dan prasarana Damkar Natuna belum memadai, pihaknya selalu mendapat dukungan dari instansi lain, seperti TNI AL Ranai, Lanud Raden Sadjad Ranai dan Bandara Raden Sadjad Ranai dalam mengatasi kebakaran.

“Terus terang, mobil Damkar efektif beroperasi selama lima tahun. Jadi setiap tahun perlu pengadaan 1 unit. Mengingat mobil ini kinerjanya sangat berat ketika ada kebakaran,” pungkasnya. (*andi surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here