KRI Golok-688, Kapal Siluman Canggih Bakal Jaga Laut Natuna Utara

0
472
KRI Golok-688 akan memperkuat alutsista TNI AL (foto screenshot Kompas TV)

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – TNI Angkatan Laut akan memiliki kapal perang cepat terbaru, bernama KRI Golok-688. Kapal perang canggih, tidak terdeteksi radar atau siluman ini, buatan PT Lundin Industry Invest Banyuwangi, Jawa Timur.

Kapal asli buatan Indonesia, dikutip dari Kompas TV, mempunyai kelengkapan persenjataan rudal modern. KRI Golok-688 terbuat dari material karbon. Sangat mumpuni beroperasi senyap di perairan Indonesia.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono pada awak media seusai peluncuran di Pantai Cacalan, Selat Bali, Banyuwangi, Sabtu 21 Agustus 2021 mengatakan, KRI Golok-688 merupakan kapal perang cepat dilengkapi rudal trimaran.

“Jadi kapal cepat rudal trimaran ini merupakan manifestasi penting dari pemenuhan alutsista TNI AL,” kata Margono. “KRI Golok-688 merupakan armada pertama terbuat dari bahan komposit serat karbon.”

Sementara, sambungnya, filosofi dari nama KRI Golok-688, agar dapat melaksanakan setiap tugas, baik operasi militer untuk perang, maupun operasi militer selain perang.

“Kapal ini memiliki kekuatan spesifik tinggi,” ungkap jenderal tinggi TNI AL bintang empat itu. “Lebih ringan, dan mempunyai kekuatan serta ketahanan korosi sangat baik.”

Sementara spesifikasi KRI Golok-688, yaitu panjang keseluruhan 62,53 meter, lebar 16 meter, tinggi dari draft 18,7 meter, dengan bobot 53,1 ton.

“Dengan spesifikasi canggih, KRI Golok-688 akan ditempatkan di wilayah rawan dan strategis di Indonesia,” kata Margono. “Rencananya di wilayah perbatasan Natuna atau Ambalat.” (*red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here