Lagi, Bupati dan Wakil Bupati Asahan Safari Ramadhan Khusus  

0
113

ASAHAN, KABARTERKINI.co.id – Lagi, Bupati Asahan Surya dan wakilnya, Taufik Zainal Abidin Siregar Safari Ramadhan Khusus. Kali ini kegiatan berlangsung di Masjid Al-Hadil Haq, Dusun IV Desa Sei Jawi-Jawi, Kecamatan Sei Kepayang Barat, Kamis malam 6 Mei 2021.

Sebelum menyampaikan arahan, Surya terlebih dahulu menyerahkan bantuan kepada Ketua BKM Masjid Al Hadil Haq berupa uang tunai serta cinderamata yang dilanjutkan pemberian santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa.

“Kami mengimbau kepada masyarakat bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan kerukunan selama bulan suci Ramadhan. Tidak membunyikan petasan atau suara yang dapat mengganggu kekhusukan selama beribadah, tidak melakukan konvoi dan takbir keliling di jalanan,” kata Surya.

BKM, pesannya, agar senantiasa melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti lantai sudah steril, jamaah memakai masker, menyiapkan cuci tangan, dan diharapkan membawa sajadah sendiri sebagai alas tambahan, mempersingkat waktu taushiyah, shalat tarawih dan tadarus dan amaliyah-amaliyah lainnya dengan tidak mengabaikan rukun dan syarat.

“Ketika sholat Idul Fitri di masjid atau musholla disesuaikan situasi dan kondisi dengan mengikuti protokol kesehatan. Seperti anjuran pemerintah, agar masyarakat tidak mudik Lebaran yang berpotensi dapat menularkan virus corona dan tetap waspada terhadap bahayanya serta mendukung dan mensukseskan vaksinisasi nasional telah dicanangkan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia,” pungkasnya.

Seperti halnya di Kecamatan Tinggi Raja, pelaksanaan Safari Ramadhan Khusus di Kecamatan Sei Kepayang Barat ini juga tetap mengikuti dan mempedomani Surat Edaran Menteri dalam Negeri Nomor 800/2784/SJ tentang Larangan Berbuka Puasa Bersama pada bulan Ramadhan dan kegiatan Open House/Halal Bihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021.

Rombongan Safari Ramadhan Khusus malam ini juga tidak melaksanakan Buka Puasa Bersama sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri. Jadi hanya melaksanakan sholat Isya dilanjutkan dengan sholat Taraweh berjamaah serta tausiah tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (*syahroel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here