Lokasi Tambang Kuarsa Teluk Buton, Jaino: Tanam Pohon Pinang Sulit Hidup

0
253
LOKASI tambang pasir kuarsa, kanan, Jaino, warga Teluk Buton, Natuna

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Jaino, warga Desa Teluk Buton, Kecamatan Bunguran Utara berharap pemerintah pusat segera memberi izin pertambangan pasir kuarsa di daerahnya. Agar masyarakat pedesaan terpencil ini, meningkat ekonominya.

“Saat pertemuan pertengahan tahun lalu, pihak perusahaan berjanji akan mempekerjakan anak tempatan yang mempunyai skill atau keahlian di tambang kuarsa. Artinya akan terbuka lapangan pekerjaan baru di Teluk Buton,” kata Jaino pada KABARTERKINI.co.id, Senin kemarin.

Bagi masyarakat tidak punya skill atau keahlian, tambah pria berusia 44 tahun ini, bisa membuka usaha makanan atau minuman di sekitar lokasi tambang. Bagi masyarakat petani atau nelayan bisa menjual hasilnya ke mes para pekerja.

“Otomatis dengan hadirnya pertambangan kuarsa, jelas ekonomi di Teluk Buton akan berputar pesat. Jadi saya berharap pemerintah pusat segera memberi izin pertambangan. Mengingat selama ini, Teluk Buton belum pernah ada investasi,” pinta Jaino.

Terkait lokasi tambang, ia memastikan lahan tandus atau gersang. Letaknya jauh dari lokasi pariwisata Tanjung Datuk dan lainnya. Sehingga tidak akan mengganggu aktifitas masyarakat atau pariwisata.

“Di lokasi tambang, jangankan tanam pohon buah-buahan atau sayuran, tanam pohon pinang saja tidak akan hidup. Oleh karena itu, sangat tepat lokasi itu sebagai wilayah tambang dengan potensi pasir kuarsa-nya,” pungkas Jaino. (*andi surya)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here