Louncing Newsroom Siberindo, Rohidin: Jangan Cipta Ruang Hoaks

0
329

BENGKULU, KABARTERKINI.co.id – Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Firdaus bersama Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun menerima cinderamata, berupa buku perayaan Tabot karya Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Momen berkesan ini terjadi saat Rakor dan Launching Newsroom siberindo.co di Bengkulu, yang berlangsung selama dua hari, dari 26 hingga 27 Agustus 2020.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam sambutan berharap media siber tergabung dalam SMSI Bengkulu dapat menjalankan fungsi secara proporsional dan profesional. Senantiasa bekerja penuh rasa tanggungjawab, terutama dalam menampilkan pemberitaan bagi masyarakat.

“Terus terang, saya mengapresiasi kegiatan diselenggara SMSI Bengkulu. Mengingat selaku pimpinan di daerah, saya menginginkan Bengkulu semakin maju dan berkembang, demi kepentingan masyarakat,”  kata Rohidin melalui siaran pers, Rabu 26 Agustus 2020.

Peran media siber, menurutnya, dapat mengangkat citra Bengkulu. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, media siber dalam memberikan edukasi selalu berimbang, serta mengedepankan etika jurnalistik.

“Khusus menghadapi momen Pilkada serentak nanti, saya minta 67 media siber tergabung di SMSI Bengkulu, mampu bersikap independent dan netral. Tidak  menciptakan ruang konflik berbau sara apalagi hoaks,” pesan Rohidin.

“Jangan menjadi alat bagi calon Kepala Daerah atau calon Wakil Kepala Daerah. Imbasnya, masyarakat menjadi korban. Media sosial dengan media siber merupakan dua hal saling berkaitan. Jadi utamakan perannya dalam mendidik masyarakat. Sehingga pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini berjalan aman, lancar dan sukses. Tolong di ingat, jangan ciptakan ruang hoaks,” pesannya lagi.

Ketua SMSI Bengkulu Wibowo Susilo dalam sambutan mengatakan, kegiatan Rakor dan Launching Newsroom siberindo.co ini digelar sebagai upaya meningkatkan semangat insan pers, khususnya media siber di Bengkulu.

“Kami akan mengedepankan etika jurnalistik, dengan menggunakan Kode Etik Jurnalistik serta Undang-Undang Pers saat mempublikasi suatu berita. Pesan Pak Gubernur selalu kami ingat, bakal tidak akan ada ruang hoak dari karya jurnalistik dari perusahaan pers tergabung di SMSI,” kata Wibowo.

Sementara dalam stadium general serta deklarasi media siber untuk menyukseskan Pilkada serentak, bertema “Eksplorasi Pers dan Politik Masa Depan.” Yang di isi pemateri dari Dewan Penasehat SMSI Bengkulu yang juga mantan Kapolda Bengkulu, Irjen Pol (Purn) Supratman, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, Ketua Umum SMSI Firdaus, dan dilanjut peluncuran siberindo.co oleh Wakil ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun. (*andy surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here