Menipis, Stok Rapid Test Antigen di Sejumlah Puskesmas

0
88
ALAT rapid test antigen (foto istimewa)

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Stok Rapid Test Antigen di sejumlah Puskemas di Natuna mulai menipis, salah satunya di Kecamatan Midai. Menipisnya tersediaan alat “pelacak” Covid-19 itu harus segera di antisipasi.

Kepala Puskesmas Midai Endang Wahyuni mengatakan, untuk saat ini rapid test antigen di Puskesmasnya, masih tersedia. Namun jumlahnya sangat terbatas.

“Rapid test antigen kita sisa 45 pcs,” ujar Endang dihubungi via telepon seluler, Jumat 7 Agustus 2021. “Artinya, cukup untuk 45 orang.”

Kendati demikian, pihaknya sudah mengajukan penambahan ke Dinas Kesehatan Natuna. Supaya di kirim segera ke Puskesmas Midai.

“Kita di Puskesmas Midai juga melayani rapid test antigen untuk masyarakat yang mau berangkat, soalnya disini tidak ada klinik seperti di Ranai,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Puskesmas Bunguran Utara Yahya. Stok rapid antigen jumlahnya sudah terbatas. Di Puskesmasnya tinggal 80 pcs.

“Dalam satu hari tidak terinci berapa orang memerlukan rapid tes antigen,” katanya. “Semuanya merupakan masyarakat Natuna.”

Plt Kepala Dinas Kesehatan Natuna Hikmat Aliansyah mengatakan, saat ini stok rapid test antigen di kabupaten masih mencukupi. Apabila stok di Puskesmas Kelarik sudah menipis, tinggal mengajukan dan ambil di instalasi farmasi Dinkes Natuna.

“Nah, kalau di Midai, tergantung jadwal kapal,” papar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Natuna itu. “Biasanya mereka kasih tahu kapan ada kapal.” (*sonang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here