Mudahkan Warga Batam Saksikan STQ VIII, Dinas Kominfo Sediakan Layanan Streaming

0
231

BATAM, KABARTERKINI.co.id – Pemerintah Kota Batam, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam memberikan kemudahan pada warga ingin menyaksikan atau menonton Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) VIII Tingkat Kota Batam. Dengan cara, menyiapkan layanan streaming.

“Dalam suasana Covid-19, warga Batam tidak perlu datang ke lokasi acara di Dataran Engku Putri,” kata Kepala Dinas Kominfo Batam Azril Apriansyah pada awak media, Rabu 17 Maret 2021. “Cukup buka website stq8.batam.go.id, langsung dapat menyaksikan acara STQ.”

Layanan streaming, menurutnya, dapat juga diakses dengan mengklik link diskom.info/stq1 ketika berada di Dataran Engku Putri. Link diskom.info/stq2 ketika berada di aula Pemko Batam. Link diskom.info/stq3 ketika berada di Masjid Agung.

“Dalam STQ VIII, Dewan Hakim dan Panitera bahkan dapat memonitor penilaian hasil pertandingan secara langsung di link http://stq8.batam.go.id/hasil-pertandingan.html,” kata Azril.

“Jadi penilaian pemenang bakal semakin transparan,” katanya lagi sambil menambahkan, selain itu, pihaknya memberi fasilitas video penutupan STQ di website stq8.batam.go.id.

Ketua Panitia STQ VIII Tingkat Kota Batam Jefridin Hamid sebelumnya menyampaikan, STQ VIII dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh peserta dan Dewan Hakim diwajibkan melampirkan hasil rapid test bebas Covid-19.

“Begitu pula halnya kepada para pengunjung berbagai cabang, kita batasi dengan jarak,” papar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam itu. “Serta mereka memakai masker dan cek suhu tubuh.”

Perlombaan, sambungnya, terdiri dari enam cabang. Pertama, cabang Tilawah Al-Qur’an meliputi golongan anak-anak, putra dan putri, serta golongan dewasa, putra dan putri.

Kedua, cabang Tahfidz Al-Qur’an meliputi Golongan 1 Juz dan Tilawah Putra dan Putri, Golongan 5 Juz dan Tilawah Putra dan Putri, Golongan 10 Juz Putra dan Putri, Golongan 20 Juz Putra dan Putri serta Golongan 30 Juz Putra dan Putri.

Ketiga, cabang Tafsir Al-Qur’an meliputi Golongan Bahasa Arab Putra dan Putri. Keempat, Cabang Musabaqah Hadist Nabi meliputi Golongan Hafalan 100 Hadits dengan Sanad Putra dan Putri serta Golongan Hafalan 100 Hadits Tanpa Sanad Putra dan Putri. Kemudian cabang qasidah rebana dan cabang stand bazar.

“Peserta STQ VIII ini adalah peserta terbaik dari STQ tingkat kecamatan se-Kota Batam yang berjumlah 240 orang,” kata Jefridin. “Setiap kecamatan masing-masing 20 orang. Sedangkan Dewan Hakim dipilih berdasarkan keahlian dan pengalaman dibidangnya.” (*simanungkalit/mcb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here