Pandemi Covid-19, Prajurit Ini Manfaatkan Lahan Kosong Kembangkan Tanaman Buah

0
272
KOPDA Tomi dan rekan sedang melihat perkembangan bibit tanamannya

LHOKSEUMAWE, KABARTERKINI.co.id – Prajurit Korem 011/Lilawangsa dituntut kreatif dan produktif di tengah pandemi Covid-19 demi menjaga ketahanan pangan. Salah satu, memanfaatkan lahan kosong menjadi tempat pengembangan bibit berbagai jenis tanaman buah-buahan.

Seperti dilakukan Kopda Tomi, prajurit TNI Angkatan Darat, tinggal di asrama Korem 011/Lilawangsa di Cunda, Lhokseumawe. Dengan situasi pandemi Covid-19 melanda hampir setahun ini, namun Tomi mampu menciptakan ide mengembangkan ribuan bibit jenis tanaman keras, seperti 4.500 durian, 2.300 alpukat, 1.100 pinang, 500 mangga dan 200 kelengkeng.

“Ide ini muncul berkat dukungan Pak Danrem 011/Lilawangsa (Kolonel (Inf) Sumirating Baskoro) untuk memanfaatkan bakat dimiliki seluruh prajurit TNI AD,” papar Tomi saat ditanya sejumlah awak media, Ahad 3 Januari 2020.

Jadi, dirinya bersama rekan-rekan penghuni asrama termotivasi meneruskan bakat dimiliki, seperti cara membibit tanaman buah. Mengingat dari hasil pembibitan, sangat menjanjikan.

“Kita menargetkan 100 ribu berbagai jenis tanaman buah-buahan dan juga memanfaatkan waktu dan lahan sebagai tempat untuk budidayakan ribuan tanaman ini,” ujar Tomi.

Menurutnya, kendala dihadapi selama pembibitan, yakni musim penghujan tiba. Karena lokasi lahan tergolong rendah dan kerap banjir. Sehingga dapat merendam bibit tanaman dikerjakan.

“Daerah pembibitan sering banjir, otomatis tumbuhan tidak akan dapat berkembang alias mati apabila terlalu lama terendam air,” ungkapnya.

Budidaya tanaman buah, sambung Tomi, berstruktur keras ini, hanya membutuhkan biji-bijian dari berbagai tumbuhan. Lalu diolah menjadi bibit unggul. Yang nantinya akan siap ditanam.

Danrem 011/Lilawangsa Kolonel (Inf) Sumirating Baskoro di tempat terpisah mengatakan, demi menjaga ketahanan pangan nasional, ia menginstruksikan anggota untuk kreatif, produktif dan mampu memanfaatkan lahan kosong menjadi bernilai ekonomis.

“Ribuan bibit tumbuhan berbagai jenis tanaman ini nantinya akan didistribusikan ke Koramil yang berada di Kodim-Kodim jajaran Korem 011/Lilawangsa,” kata Sumirating Baskoro.

Dari hasil pendistribusian ribuan bibit tanaman itu, tuturnya, akan ditanam para Babinsa di tempat tugasnya masing-masing. Sebelumnya, para Babinsa telah dibekali bagaimana cara membudidayakan tanaman buah.

“Nanti para Babinsa itu bisa meneruskan ilmunya pada warga binaan. Dengan memanfaatkan waktu dan lahan kosong,” pungkas Sumirating. (*fadhil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here