Patung Sang Proklamator di Pelabunan PLBN Kecamatan Perbatasan

0
2185
PATUNG Presiden RI pertama, Ir Soekarno

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Pembangunan Pelabuhan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Kecamatan Serasan, Natuna telah rampung 100 persen. Agar menambah kemegahan pelabuhan kecamatan kepulauan perbatasan langsung dengan Pulau Sematan, Malaysia itu, dibangun patung Presiden RI pertama, Ir Soekarno.

Tidak tangung-tanggung, patung terbuat dari kuningan dan perunggu cukup terperinci itu, setinggi sekitar tujuh meter. Sang Proklamator sedang menunjuk kedaratan Pulau Serasan. Seolah-olah, Putra Sang Fajar itu berucap, “Tidak boleh sejengkal pun daratan dan lautan Indonesia di miliki bangsa asing.”

Sayangnya, pelabuhan telah rampung 100 persen itu, belum di resmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sementara informasi diterima, patung Bung Karno -sapaan akrab Soekarno- merupakan bagian dari rancangan awal pembangunan Pelabuhan PLBN Terpadu Kecamatan Serasan.

Ternyata bukan hanya patung Soekarno dibangun, tampak juga patung Garuda, sambil mengepakan sayap dan hinggap di depan pintu masuk pelabuhan. Sementara Pelabuhan PLBN Terpadu Kecamatan Serasan, mulai dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Kepulauan Riau, Direktorat Jenderal Cipta Karya, sejak 5 November 2020.

Dengan sistem tahun jamak, yang menghabiskan dana APBN 2020-2022 sekitar Rp113 miliar. Progres pembangunan pelabuhan, sudah mencapai sekitar 100 persen. Hanya sarana dan prasarana penunjang banyak masih kurang, kemungkinan karena itu belum diresmikan atau dioperasikan. (*andi surya)

Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari KABARTERKINI.co.id. Ayo bergabung di Facebook dan Instagram KABARTERKINI.co.id, atau klik link https://www.kabarterkini.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini