Pemkab Kepulauan Anambas Optimis, Program Merangkai Pulau Terealisasi 2023

0
331
KEPALA Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kepulauan Anambas Eko Desi Amrialdi

ANAMBAS, KABARTERKINI.co.id – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas optimis bisa merealisasikan program Merangkai Pulau pada 2023. Program ini akan dilaksanakan melalui Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kepulauan Anambas.

Karena pada 2021, dinas itu akan melelang perencanaan pembangunan sejumlah pelabuhan di pulau-pulau besar di kabupaten termuda di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ini.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kepulauan Anambas Eko Desi Amrialdi mengatakan, tahun ini direncanakan akan dilelang perencanaan pembangunan pelabuhan dari Peninting ke Konjo. Perencanaan pembangunan pelabuhan dari Kecamatan Siantan ke Kecamatan Palmatak.

Selain itu, akan di lelang perencanaan pelabuhan dari Desa Mubur, Kecamatan Siantan Utara dan Desa Matak Kecil, Kecamatan Kute. Yang terakhir Air Bini ke Penebung.

“Kita targetkan pembangunannya mulai dilaksanakan pada tahun depan. Otomatis pada 2023, pulau-pulau besar telah dapat di rangkai dengan menggunakan RoRo,” kata Eko dikantornya, Rabu 7 Juli 2021.

Meski ditengah pademi Covid-19, pihaknya secara masif terus mengurai benang merah pembangunan secara konsisten sesuai visi misi Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris dan wakilnya, Wan Suhendra.

“Pembangunan pelabuhan ini harus terealisasi. Karena akses transportasi merangkai pulau sangat dibutuhkan masyarakat Anambas. Mengingat secara geografis kabupaten perbatasan ini dipisah lautan luas,” tutur Eko.

Dalam pelaksanaan, selain akan dibangun pelabuhan, pihaknya juga akan mempersiapkan kapal RoRo yang akan berkeliling pulau. Jadi kedepan, pulau besar akan disinggahi RoRo besar, dan pulau kecil disinggahi RoRo kecil. (*sarnilam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here