Perbatasan Indonesia, Danlanud RSA Tinjau Batas Lahan Pangkalan Udara Eks Jepang

0
513
DANLANUD RSA Ranai Kolonel (Pnb) Dedy I.S. Salam (tengah) saat melakukan peninjauan serta pengukuran lahan Pangkalan Udara Jepang di Desa Terayak, Kecamatan Subi

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Danlanud Raden Sadjad (RSA) Ranai Kolonel (Pnb) Dedy I. S. Salam, meninjau dan melakukan pengukuran ulang batas lahan milik TNI Angkatan Udara di Desa Terayak, Kecamatan Subi, Natuna, Jumat 11 Juni kemarin. Lahan itu dulu merupakan Pangkalan Udara Jepang sebelum kemerdekaan.

Karena sudah lama tidak dioperasikan, sebagian lahan telah dibangun rumah tinggal warga kecamatan perbatasan Indonesia tersebut. Otomatis, Danlanud RSA Ranai Kolonel (Pnb) Dedy I.S. Salam sebagai perpanjangan tangan Markas Besar TNI Angkatan Udara harus duduk semeja dengan Pemerintah Kabupaten Natuna, mencari jalan keluarnya.

Agar warga Subi yang telah lama tinggal di lahan milik TNI Angkatan Udara itu, tidak merasa dirugikan. Sedangkan TNI Angkatan Udara sebagai pemilik lahan tidak merasa kehilangan. Akhirnya hasil duduk semeja, Bupati Natuna Wan Siswandi sepakat, lahan milik TNI Angkatan Udara di Desa Terayak akan ditukar guling dengan lahan berada di Subi Besar seluas 97.277 m².

“Dengan kesepakatan ini, saya ikut kunjungan kerja Pak Bupati ke Subi pada Jumat kemarin. Kita lakukan pengukuran ulang lahan TNI Angkatan Udara di Terayak. Lalu kita terbitkan sertifikat barunya. Setelah sertifikat keluar, kita serahkan ke Pemerintah Kabupaten Natuna, untuk ditukar guling pada lahan di Subi Besar,” kata Dedy I. S. Salam di Kecamatan Serasan, Sabtu 12 Juni 2021.

Sementara, perwira TNI Angkatan Udara melati tiga emas itu berada di Kecamatan Serasan, ikut rangkaian kunker Bupati Natuna Wan Siswandi selama empat hari ke sejumlah kecamatan, yakni Subi, Serasan, Serasan Timur, Midai dan Suak Midai. Selain Dedy, tampak mendampingi, antara lain, Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadian, Kepala DLH Natuna Boy Wijanarko, Plt Kadishub Natuna Alazi, Kabag Umum Setda Natuna Suhardi, Ketua Tim Penggerak PKK Natuna Septi Wan Siswandi dan wakilnya, Hadijah Rodhial Huda.

“Pak Bupati saat mengadakan pertemuan di Desa Terayak meminta masyarakat Subi menunjukkan batas-batas lahan TNI Angkatan Udara. Sedangkan dalam pertemuan, saya hadir bersama personel BPN. Akhirnya, dari kegiatan pertemuan hingga pengukuran berjalan sesuai rencana,” kata Dedy sambil menambahkan dalam pertemuan juga hadir, Kepala Desa Terayak Basaruddin dan Kepala Dusun 1 Desa Terayak Saupi. (*red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here