Perdana, Putra Asli Natuna Jadi Taruna Akademi TNI AL

0
103
SERTU Ismail Aswin (kanan) dan anaknya, Bill Navy Saudiaz (foto istimewa)

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Sersan Satu Ismail Aswin beserta istri, Eva Susana merasa gembira. Anak pertamanya, Bill Navy Saudiaz (19) berhasil lulus untuk mengikuti pendidikan Taruna Akademi TNI Angkatan Laut 2022. Namun bukan hanya prajurit Denpom Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai itu beserta istrinya merasa gembira, seluruh masyarakat kabupaten perbatasan di tengah negara Asean ini, turut merasakannya.

Karena Bill Navy Saudiaz, putra asli Natuna pertama bisa lulus untuk mengikuti pendidikan calon perwira TNI Angkatan Laut. Otomatis ia bersama sejumlah putra Indonesia terbaik lainnya, bakal mengikuti Pendidikan Dasar Militer sebagai Taruna TNI Angkatan Darat, Taruna TNI Angkatan Laut, Taruna TNI Angkatan Udara serta Taruna Kepolisian di Akademi Militer (Akmil) di Kota Magelang, Jawa Tengah.

“Setelah lulus SMA Negeri 1 Bunguran Timur pada 2021, dengan nilai IPK 88,5 jurusan IPA, anak saya langsung mendaftar dan mengikuti seleksi calon Taruna TNI AL. Alhamdulillah, anak saya lulus untuk mengikuti pendidikan Akmil di Magelang,” kata Sertu Ismail Aswin pada sejumlah awak media, kemarin.

Lalu, Mail -biasa disapa- menceritakan, dari sekolah TK Angkasa, SD Negeri 002 Ranai, SMP Negeri 1 Ranai hingga SMA Negeri 1 Bunguran Timur, anaknya mempunyai cita-cita tidak pernah berubah, ingin menjadi prajurit TNI AL, seperti bapaknya. Dengan cita-cita anaknya itu, sebagai orang tua, ia harus mendukungnya.

“Saya ingin Bill menjadi prajurit TNI AL, tapi dengan syarat harus mendaftar seleksi calon Taruna. Dari kelas 1 SMA, ia harus menjaga pola makan, membina fisik, mengikuti bimbingan dan belajar psikologi serta setiap enam bulan sekali medical cek up di RSAL Tanjungpinang,” kenang Mail.

Mengingat mengikuti seleksi Calon Taruna Akademi TNI AL, menurutnya, cukup berat. Sebab para peserta yang mendaftar dari wilayah lainnya, pasti putra-putra terbaik Indonesia. Sehingga anaknya harus benar-benar siap fisik dan mental.

“Akhirnya, Sidang Pemilihan Terpusat/Integratif TNI di Surabaya, kemarin. Yang di pimpin Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, anak saya lulus dan langsung mengikuti pendidikan Akmil di Kota Magelang,” kata Mail mengakhiri. (*andi surya)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here