
JAKARTA, KABARTERKINI.co.id – Aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) tidak hanya sebuah bentuk timbal balik perusahaan, melainkan akan membawa dampak positif ke masyarakat, lingkungan dan stakeholder. Karena tercipta sustainability atau keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang. Yang tentunya memiliki nilai lain dari keuntungan atau profitabilitas.
Ceo INFOBRAND.ID Susilowati Ningsih memaparkan, setiap tahun INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia mengamati, banyak perusahaan skala besar, kecil dan menengah, turut andil dalam kegiatan CSR. Dengan harapan dapat memberikan dampak keberlanjutan bagi perusahaan.
Aksi korporasi ini, otomatis akan membawa pengaruh positif bagi reputasi dan penilaian masyarakat serta stakeholder terhadap perusahaan secara umum. Persepsi masyarakat terhadap kegiatan CSR dilakukan perusahaan atau brand tentunya akan membangun ikatan lebih kuat antara perusahaan, pelanggan dan masyarakat.
“Sebagai bentuk apresiasi terhadap kegiatan CSR perusahaan, kami bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia menyelenggarakan Top CSR of The Year 2022. Acara ini mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang berhasil menerapkan program CSR di Indonesia berdasarkan tiga parameter, yakni CSR Concept, CSR Impact dan CSR Donation Value,” kata Susilowati melalui keterangan tertulis, Senin 18 Juli 2022.
“Tujuan dari penyelenggaraan ini diharapkan menjadi bukti dari pengukuhan atas aktivitas CSR dilakukan perusahaan sepanjang satu tahun terakhir. Penghargaan diterima perusahaan diharapkan dapat mendorong citra positif dan reputasinya. Penghargaan ini dapat mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia terus berkomitmen dalam menjalankan aktivitas CSR,” katanya lagi.
Ceo TRAS N CO Indonesia Tri Raharjo mengungkapkan, Top CSR of The Year 2022 ditentukan berdasarkan penilaian Top CSR Index dari Maret hingga Mei 2022 terhadap lebih dari 300 perusahaan di Indonesia. Data penilaian berdasarkan kegiatan CSR sepanjang satu tahun terakhir melalui laporan keberlanjutan perusahaan pada 2021.
Yang telah terpublikasi, data kegiatan CSR diberbagai media online dan website resmi perusahaan serta mengacu pada tiga parameter penilaian, yaitu: CSR Concept, menilai konsep kegiatan CSR dilakukan perusahaan-perusahaan mengacu dari data dipublikasikan.
CSR Impact, menilai kegiatan CSR dilakukan perusahaan yang memberikan impact positif bagi masyarakat, dilihat dari jumlah penerima manfaat dan bentuk donasi. CSR Donation Value, mengukur jumlah donasi dilakukan perusahaan dalam menjalankan program CSR.
“Ada temuan menarik dari penyelenggaraan dua tahun terakhir, dimana pada 2021 lalu, dari total 100 perusahaan pemenang Top CSR of The Year 2021, ada 6 fokus kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan, seperti Bantuan Kesehatan 26,38 persen, Bantuan Sosial Masyarakat 26,37 persen, Bantuan Lingkungan 22,10 persen, Bantuan Bencana Alam 13,50 persen, Bantuan Pendidikan 6,13 persen dan Pemberdayaan Ekonomi (UMKM) 5,52 persen,” kata Raharjo.
Namun pada penyelenggaraan Top CSR Of The Year pada tahun ini, sambungnya, terjadi perubahan cukup signifikan. Karena perusahaan lebih fokus terhadap Bantuan Sosial Masyarakat 26,62 persen, Bantuan Kesehatan dan Bantuan Pendidikan 18,63 persen, Bantuan Lingkungan 14,45 persen, Pemberdayaan Ekonomi (UMKM) 11,41 persen dan terakhir, Bantuan Bencana Alam 10,27 persen.
“Dari data tersebut, mengindikasikan ketika kasus Covid-19 mulai melandai, ketika pemerintah mulai mengendurkan kebijakan PPKM, perusahaan lebih dominan menyalurkan dana CSR untuk kegiatan Sosial Kemasyarakatan, serta bidang-bidang lainnya,” papar Raharjo.
Sementara para peraih Top CSR of The Year 2022 dari 100 pemenang di antaranya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Kalla Group, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT Signify Commercial Indonesia, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), PT PP (Persero) Tbk, PT Avia Avia Tbk, PT Semen Gresik, PT Pembangkitan Jawa Bali dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). (*andi surya)









