Rakor BLU 2021, Kepala BP Batam Tandatangani KPI

0
407
SAMBUTAN Kepala BP Batam Muhammad Rudi

BATAM, KABARTERKINI.co.id – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi menandatangani Kontrak Kinerja Pemimpin Badan Layanan Usaha (BLU) dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI. Tandatangan berlangsung dalam Rapat Koordinasi BLU 2021 secara virtual dari Marketing Center BP Batam, Batam Center, Jumat pagi 19 Maret 2021.

Sementara Kepala BP Batam Muhammad Rudi merupakan salah satu dari 13 Pimpinan Satuan Kerja (Satker) BLU yang menjadi perwakilan penandatanganan secara simbolik, mewakili 244 Satker BLU yang ada di Indonesia. Dalam Rakor mengusung tema “BLU Berstrategi Pulihkan Ekonomi.”

Dengan peserta Rakor 1.200 orang, yang berasal dari Dewan Pengawas dan Pimpinan dari 244 BLU, pejabat 22 Kementerian/Lembaga, dan 3 Kementerian terkait dengan ekosistem BLU.

Tampak hadir dalam Rakor, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI Hadiyanto, dan Direktur Pembinaan PK BLU Kementerian Keuangan RI Ari Wahyuni.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI, Hadiyanto dalam sambutan mengatakan, Rakor ini merupakan turunan dari amanat Presiden RI Joko Widodo dalam Rakornas 2019 yang mengatakan, pengelolaan BLU oleh instansi pemerintah harus mengedepankan kualitas pelayanan dengan harga terjangkau bagi masyarakat umum.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati mengatakan BLU harus tetap memberikan pelayanan maksimal dan sebaik mungkin dengan efisiensi biaya, waktu dan proses bisnis meskipun tidak mengutamakan profit.

“Sehingga tantangan kita ke depan adalah efisiensi operasional BLU serta adaptasi terhadap perubahan arah kebijakan domestik dan kondisi global,” timpal Hadiyanto.

Jumlah BLU per rumpun layanan pada 2021, menurutnya, adalah 244 BLU, yang terdiri dari 105 BLU Kesehatan, 101 BLU Pendidikan, 10 BLU Pengelola Dana, 5 BLU Kawasan dan 23 BLU Barang Jasa Lainnya.

Jadi keberhasilan transformasi BLU sangat bergantung pada tahapan implementasi maturity rating sebagai fondasi awal rencana transformasi.

“Pendekatan perlu dipertimbangkan antara lain, change management, implementasi BLU Maturity Rating pada seluruh BLU, penguatan kapabilitas SDM dan inovasi IT,” jelas Hadiyanto.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi, mengatakan, Key Performance Indicator (KPI) BLU Rumpun Layanan Lainnya tertera dalam Kontrak Kinerja meliputi aspek kepuasan pengguna layanan, inovasi layanan, perluasan layanan BLU kepada masyarakat dan pembinaan tata kelola keuangan.

“Kontrak Kinerja ini harus segera kita lakukan. Selepas ini, kami selaku pimpinan akan melaksanakan penandatanganan secara berjenjang, mulai dari saya selaku Kepala BP Batam kepada para anggota Bidang ke Pejabat Tingkat 2, dan seterusnya. Sehingga semua program pusat ke BP Batam bisa dilaksanakan secara menyeluruh,” kata Muhammad Rudi.

Ia kemudian mengatakan, KPI tersebut akan menjadi faktor penentu dalam pencapaian target. Otomatis proses pembangunan dapat dinikmati masyarakat Batam. (*herbin/humas bp batam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini