Roadshow Perpustakaan di Aceh Tamiang, Bupati: Mari Budayakan Membaca

0
263

Kabarterkini.co.id, Aceh Tamiang – Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin membuka kegiatan Roadshow Perpustakaan di aula SKB Karang Baru, Kamis 17 Oktober 2019. Kegiatan di selenggara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Aceh bekerjasama dengan Bagian Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Tamiang.

Kegiatan bertema: Meningkatkan Pengembangan Minat dan Pembudayaan Membaca Masyarakat. “Membaca perintah Alloh SWT kepada manusia,” sambutan Insyafuddin. “Perintah itu, sesuai dalam ayat Alquran, ketika Muhammad diangkat menjadi Nabi dan Rasul, disuruh membaca basmallah.”

Sehingga, menurutnya, umat Islam saat membaca harus dimulai dari membaca basmallah. Dengan dimulai dari basmalah, Insya Alloh bahan bacaan itu, akan selalu di ingat. “Jangan lupa ucap basmalah, sebelum membaca,” ingatnya lagi.

Sebenarnya, menurut Insyafuddin, minat membaca orang Indonesia, termasuk Aceh masih rendah. Jadi persoalan ini pekerjaan rumah bagi seluruh pemangku kepentingan, termasuk para orang tua.

“Mulai hari ini, kita budayakan gemar membaca bagi para mahasiswa, pelajar dan generasi milenial dan masyarakat umum,” katanya. “Pemerintah akan selalu siap menyediakan bahan bacaan berkualitas.”

Khusus kepada para pelajar, pesan orang nomor dua di kabupaten Bumi Muda Sedia itu, supaya dapat membiasakan diri membaca. Dengan sering membaca, akan menjadi kebiasaan.

“Adik-adik harus ingat janji Alloh pada umatnya. Janji-Nya, akan meninggikan beberapa derajat orang beriman dan berilmu,” tegasnya. “Janji Alloh itu, benar adanya.”

Kabid Layanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Didi Setiadi dalam laporan sebelumnya menyampaikan, kegiatan Roadshow Perpustakaan merupakan kampanye membaca.

Acara ini di ikuti 200-an peserta, terdiri dari berbagai kalangan, di antaranya, pegiat literasi, pengelola perpustakaan kampung, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. “Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar,” pungkasnya.

Sementara dalam kegiatan, tampak hadir, Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang Fadlon, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang Zulkarnain Putra, Kabag Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Tamiang Laila Hidayati, Kepala Sekretariat MPD Aceh Tamiang, Wan Irwansyah, para Camat se-Aceh Tamiang, unsur Forkpimcam Karang Baru, sejumlah tamu lainnya dan insan pers. (*red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here