Survei Pilwako Batam, Elektabilitas Marlin Agustina Tertinggi, Tinggalkan Tokoh Lain

0
1353
FOTO istimewa

JAKARTA, KABARTERKINI.co.id – Perhelatan Pilkada Serentak 2024 telah menggeliat dan ramai diperbincangkan di berbagai pelosok, tidak terkecuali di Kota Batam. Nama-nama digadang-gadang akan maju dalam kontestasi telah bermunculan di ruang publik bahkan ada yang sudah memasang atribut secara berpasangan. Bagaimana peta kekuatan nama-nama yang muncul ke permukaan tersebut?

Lembaga Survei Konsepindo mengirimkan rilis hasil survei yang diselenggarakan mereka dari 5 Maret hingga 11 Maret 2024, nama Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Marlin Agustina keluar sebagai kandidat Calon Walikota (Cawalkot) Batam dengan elektabilitas tertinggi.

“Berdasarkan temuan survei lembaga kami, per Maret 2024, Marlin Agustina adalah kandidat terkuat sebagai Cawalkot Batam 2024 dengan elektabilitas sebesar 38,9 persen. Di bawahnya ada Amsakar Ahmad dengan elektabiltas sebesar 31,1 persen. Sementara nama-nama lainnya masih di bawah 4 persen,” kata Peneliti Konsepindo, Aldo Serena dalam rilisnya yang dikutip KABARTERKINI.co.id, Rabu 27 Maret 2024.

Aldo menjelaskan bukan sesuatu yang mengejutkan jika Marlin Agustina menjadi kandidat terkuat Pilwako Batam 2024. Marlin diketahui rajin turun ke masyarakat. Ia juga cukup aktif bergerak dalam aktivitas pemberdayaan perempuan dan keluarga.

Posisinya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam membuatnya dekat dengan para ibu-ibu. Saat yang sama, dalam kapasitasnya sebagai istri Haji Muhammad Rudi, Walikota Batam yang sangat populer, Marlin sering turun bersama menyaksikan langsung perencanaan, pelaksanaan dan peresmian pembangunan Kota Batam yang begitu pesat.

“Tidak bisa dibantah, posisi Marlin Agustina seperti itu adalah modal kuat dan merupakan keunggulan nyata jika dibanding pesaingnya,” tulis Aldo.

Pengalaman Marlin Agustina menjadi Wagub Kepri, dan juga perannya dalam mengantarkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang telak di Kepri pada Pilpres 2024 menjadi modal baginya untuk mendongkrak elektabilitas.

Sementara figur di bawahnya adalah Amsakar Ahmad, Wakil Walikota Batam petahana. Figur ini sejujurnya dirugikan dengan adanya perhelatan Pileg dan Pilres kemarin. Karena konsentrasi publik lebih fokus ke Pemilu Serentak itu, sehingga sosialisasi Pilkada dikesampingkan. Dengan demikian Amsakar kesulitan meningkatkan elektabilitasnya. Baru setelah pemilu selesai yang bersangkutan bisa fokus sosialisasi kembali.

“Saya menilai, jika Bu Marlin Agustina terus konsisten bergerak dan berhasil meyakinkan publik bahwa estafeta kepemimpinan di Batam lebih tepat dilanjutkan olehnya, maka probabilitasnya memenangkan Pilwako cukup tinggi,” kata Aldo.

Terkait teknis survei, sambungnya, seluruh warga di Kota Batam yang berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah. Seluruh unit populasi di Kota Batam ini mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Survei dilakukan melalui tatap muka secara langsung terhadap 600 responden. Sampel dipilih menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error +/- 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Lembaga Konsepindo Riset terdaftar di KPU RI sebagai penyelenggara survei dan quick count Pemilu 2024 dan merupakan anggota Persepi, asosiasi lembaga survei terbesar di Indonesia,” kata Aldo mengakhiri. (*ifan)

Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari KABARTERKINI.co.id. Ayo bergabung di Facebook dan Instagram KABARTERKINI.co.id, atau klik link https://www.kabarterkini.co.id

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini