Tahap Awal, Batam Terima 11.120 Vial Vaksin Sinovic

0
169
WAKIL Walikota Batam Amsakar Achmad

BATAM, KABARTERKINI.co.id – Pemerintah Kota Batam menerima 11.120 vial vaksin Sinovac dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Vaksin bantuan Pemerintah RI itu diterima secara simbolis Sekda Kota Batam Jefridin Hamid di Gedung Daerah Kepri, Tanjungpinang, Rabu siang 13 Januari 2020.

“Insya Alloh, kita akan mulai vaksinasi secara gratis pada masyarakat terdaftar pada Jumat 15 Januari 2021,” ucap Jefridin pada sejumlah awak media. “Vaksin kita terima ini, akan segera dikirim menggunakan kapal cepat ke Batam via Pelabuhan Punggur, dengan pengawalan ketat aparat keamanan.”

Sementara, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad bersama Dandim 0316 Batam Letkol (Kav) Sigit Dharma Wiryawan dan Kapolresta Barelang Kombes Yos Guntur Yudi Fauris Susanto menunggu di Pelabuhan Punggur. Mereka menunggu kedatangan belasan ribu vaksin Sinovic dikirim dari Tanjungpinang.

“Alhamdulillah pendistribusian belasan ribu vaksin berjalan lancar. Tidak ada kendala berarti,” kata Amsakar saat memantau kedatangan belasan ribu vaksin Sinovic, diangkut kapal cepat yang dikemas dalam kotak khusus.

Menurut Amsakar, secara nasional, vaksinasi tahap awal telah dimulai pada hari ini di Jakarta. Yang pertama divaksinasi Presiden Joko Widodo dan jajarannya. Sedangkan tingkat provinsi akan dijadwal pada Kamis 14 Januari 2021. Tingkat kabupaten/kota pada Jumat 15 Januari 2021.

“Kita siap divaksinasi. Ada 20 orang, terdiri dari pejabat Pemko Batam, Forkopimda, tokoh masyakarat, tokoh agama dan tenaga medis,” terang Amsakar. “Kita berharap program vaksinasi ini dapat terpublikasikan secara baik, sehingga tidak ada pro kontra ditengah masyarakat.”

Karena, sambungnya, vaksin Sinovic telah mendapat persetujuan Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Dengan efikasi sebesar 65,3 persen. Artinya melampaui syarat minimal dari WHO sebesar 50 persen.

“Demi kebaikan bersama, kita harus mau divaksinasi. Mengingat vaksin Sinovic untuk mencegah penularan wabah Covid-19,” kata Amsakar sambil menambahkan, vaksin Sinovic diterima akan dibawa ke instalasi farmasi milik Dinas Kesehatan Kota Batam di Sekupang.

Untuk masyarakat umum, menurutnya, akan dipersiapkan 115 fasilitas kesehatan dari pemerintah maupun swasta. Dengan tenaga vaksinator 1.045 orang. Masyarakat akan divaksinasi mencapai 875.911 orang. “Batam sudah siap vaksinasi,” ungkap Amsakar. “Mulai dari posko, tenaga medis dan sebagainya.” (*simanungkalit/mcb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here