Tingkatkan Kualitas Desain Batik, Ketua Dekranasda Jambi Gandeng Desainer Nasional

0
425

kabarterkini.co.id, JAMBI – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi Hj. Rahima Fachrori menggandeng Eddy Betty, desainer nasional kelahiran Jambi untuk meningkatkan kualitas desain batik dan songket Jambi.

Kerjasama Dekranasda Provinsi Jambi dengan desainer Eddy Betty dilaksanakan dalam pelatihan desain batik dan songket khas Jambi yang sekaligus menandai pembukaan kembali Showroom Dekranasda Jambi, di Gedung Dekranasda Provinsi Jambi, Thehok, Kamis 21 November 2019.

Sementara Eddy Betty telah menggeluti dunia fashion lebih dari dua dekade, dan merupakan desainer mode mengenyam pendidikan di Fleuri de la Porte Perancis dan Chambre Syndicale de la Couture Parisienne.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan kerjasama Pemerintah Provinsi Jambi dengan Pemerintah Provinsi Riau dalam bidang perdagangan dan kerajinan UKM.

Hadir dalam acara, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Jambi H. Sudirman, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan sekaligus Ketua Harian Dekranasda Jambi Sri Argunaini, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Riau, Dra. Yulwiriati Moesa.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Jambi Fachrori Umar, dibaca Sudirman memyatakan, mengapresiasi ketua dan seluruh pengurus Dekranasda Jambi yang menginisiasi pembukaan kembali showroom Dekranasda Jambi dan pelatihan desain batik dan songket khas Jambi yang merupakan salah satu bentuk akselerasi dan upaya untuk terus-menerus melestarikan kerajinan khas Jambi.

“Produk industri kecil kerajinan Provinsi Jambi saat ini sudah dikenal oleh masyarakat secara luas baik di wilayah lokal maupun secara nasional, kita harus berbangga karena banyak prestasi yang telah diraih oleh Dekranasda Provinsi Jambi dalam upaya meningkatkan keterampilan pengrajin dan penghasilan pengrajin,” ucap Asisten III.

Kearifan lokal yang dimiliki Provinsi Jambi seperti batik dan songket serta aneka produk kerajinan kayu dan rotan telah membawa Provinsi Jambi sebagai provinsi yang diperhitungkan di kancah nasional.

Gubernur berharap dengan gedung yang baik ini, makin banyak produk-produk kerajinan yang berpacu untuk mengisi pasar yang telah terbuka, diiringi dengan kepedulian Pemerintah Provinsi Jambi yang kedepannya dapat membawa nama baik bagi Provinsi Jambi.

Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori, mengharapkan pembukaan showroom Dekranasda dapat dimanfaatkan oleh pengrajin untuk mempromosikan hasil karyanya dan mengharapkan peran Dekranasda kabupaten kota se-Provinsi Jambi.

“Saya harap beliau dapat sungguh-sungguh membantu Provinsi Jambi dan pengembangan seluruh aspek kerajinannya, sehingga kita dapat dikenal di tingkat nasional bahkan sampai ke tingkat internasional,” ujar Rahima. (*budi sianipar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here