Tingkatkan SDM Kepulauan Anambas, Perpustakaan Daerah Tambah Jam Operasi

0
394
KEPALA Perpustakaan Daerah Kepulauan Anambas Reny Perdayanti

ANAMBAS, KABARTERKINI.co.id – Perpustakaan Daerah Kepulauan Anambas bakal menambah jam operasi, khususnya di malam Minggu. Penambahan jam operasi, guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama generasi muda kabupaten kepulauan perbatasan ini.

Kepala Perpustakaan Daerah Kepulauan Anambas Reny Perdayanti menjelaskan, paradigma perpustakaan telah berbeda, tidak hanya sebagai tempat membaca, melainkan bertamasya literasi. Tujuannya memikat minat anak-anak, agar gemar membaca demi menambah ilmu pengetahuan.

“Ilmu pengetahuan tidak hanya diperoleh dari sekolah, bisa melalui perpustakaan. Sehingga kami berinisiatif menambah jam operasi perpustakaan di malam minggu,” kata Reny pada sejumlah awak media, Senin 8 Agustus 2022.

Hasil pantauannya, rata-rata masyarakat berkunjung ke perpustakaan daerah berasal dari kalangan remaja. Otomatis perlu dibuat sejumlah program dalam penambahan operasi perpustakaan daerah.

“Nanti di perpustakaan, kami bikin Jumat hafalan, bagi anak-anak Muslim dalam menghafal surat-surat pendek Alquran. Bagi anak-anak non Muslim, akan merangkum cerita dari agamanya secara langsung,” papar Reny.

Selain itu, sambungnya, dibuat program membaca sejarah, serta Anambas English Library berupa les bahasa Inggris. Kemarin, les bahasa Inggris sempat berjalan selama dua tahun.

“Les bahasa Inggris tinggal peserta SLTP yang masih tersedia. Jadi silahkan mendaftar. Les ini kita akan laksanakan setiap Senin hingga Kamis, dari pukul 15.30 hingga 17.30 Wib. Diperuntukan bagi pelajar SLTP dan SLTA,” papar Reny.

Tidak lupa, ia mengajak masyarakat Anambas, khususnya bagi orang tua agar menanamkan budaya literasi sejak dini bagi putra atau putrinya. Sehingga kedepan mereka mempunyai SDM mumpuni, agar tidak kalah dari remaja di kota atau kabupaten lain.

“Ayo kita memajukan dunia literasi di Anambas. Jangan kita terlena dengan gadget. Mengingat membaca buku sangat penting. Sebab buku merupakan jendela dunia,” kata Reny mengakhiri. (*andriano)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini