Tutup Musrenbang 2022, Bupati: Wisata Natuna Harus Jadi Unggulan

0
201
SAMBUTAN Bupati Natuna Wan Siswandi

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Bupati Natuna Wan Siswandi menutup secara resmi Musrenbang Natuna 2022 di Gedung Serbaguna Sri Serindit, Ranai, Rabu 23 Maret 2022. Musrenbang ditaja Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Natuna itu, digelar selama tiga hari.

“Pertama-tama, saya ucapkan terimakasih pada Pak Gubernur Kepri (Ansar Ahmad), karena membuka Musrenbang Natuna, Senin kemarin. Maaf, saat pembukaan Musrenbang saya tidak bisa hadir, ada tugas menjumpai para Menteri di Jakarta,” sambutan Wan Siswandi.

Musrenbang, sambung Wan Sis -biasa disapa, harus dilaksanakan, dari tingkat desa atau kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga provinsi. Kegiatan menampung aspirasi masyarakat tentang pembangunan kabupaten perbatasan ini kedepan.

FOTO bersama Kepala Dinas yang mendapat penghargaan

“Musrenbang harus dapat menjawab permasalahan dalam kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Namun tidak semua aspirasi bisa kita setujui, tergantung kemampuan keuangan daerah,” kata mantan Sekda Natuna itu.

Sementara, menurut Wan Sis, aspirasi diterima pada Musrenbang 2022, harus diformulasikan perangkat daerah kedalam Rencana Kerja atau Renja. Dari Renja akan masuk kedalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah atau RKPD 2023.

“Sekali lagi saya harus sampaikan, aspirasi diterima dalam Musrenbang 2022 untuk pelaksanaan 2023, tidak semua terakomodir. Sebab kita akan memperhitungkan kemampuan keuangan daerah,” terang Wan Sis.

KADISNAKERTRANS Natuna Husyaini ikut menandatangi berita acara Musrenbang 2022

Demi meningkatkan pendapatan daerah, papar Wan Sis, Natuna tidak hanya dari migas atau perikanan. Pendapatan lainnya harus digesa, salah satunya pariwisata. Sebab keindahan alam Natuna tidak kalah menarik dari tempat wisata terkenal di luar daerah.

“Selama kepimpinan saya dengan Pak Wakil Bupati (Wabup) akan terus menggesa pembangunan infrastruktur. Karena pembangunan infrastruktur paling utama, mempromosikan wisata Natuna,” kata Wan Sis.

Sekretaris BP3D Natuna Ismir dalam laporan mengatakan, hasil kesepakatan Musrenbang Natuna, dari tingkat Kecamatan, pokok-pokok pikiran atau aspirasi anggota Dewan dan usulan Organisasi Perangkat Daerah Natuna telah disepakati tiga skala prioritas, yakni peningkatan Otonomi Daerah, Sumber Daya Manusia atau SDM serta pembangunan infrastuktur.

BUPATI Natuna Wan Siswandi (kiri) memberi penghargaan kepada Kepala Dinas Kesehatan Natuna Hikmat Aliansyah

“Semua aspirasi dan usulan akan kita sesuaikan dengan keuangan daerah. Sehingga tahun depan bisa kita laksanakan demi kepentingan masyarakat dan daerah,” kata Ismir.

Seusai Musrenbang, Wan Sis menyerahkan penghargaan kepada empat dinas atas prestasi dan kinerjanya. Adapun keempat dinas itu, yakni Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan DPMPTSP Natuna. (*andi surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here