Wabup Buka Musda ke X LPTQ Kabupaten Natuna

0
104
SAMBUTAN Wabup Natuna

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) ke X Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Natuna. Acara terselenggara di Asrama Haji, Komplek Natuna Gerbang Utaraku, Ranai, Senin siang 19 Oktober 2020.

“Gara-gara pandemi Covid-19 telah merubah sebagian besar tatanan kehidupan serta program pembangunan, termasuk kegiatan LPTQ, seperti pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Natuna yang tahun ini seharusnya digelar di Kecamatan Pulau Tiga,” sambutan Ngesti.

Namun pengurus LPTQ, katanya, tidak membuat patah semangat, melainkan harus lebih kreatif, menyesuaikan diri dengan memanfaatkan berbagai teknologi. Sehingga beberapa kegiatan LPTQ dapat dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan.

SUASANA acara

“Atas nama pemerintah daerah, saya mengapresiasi pengurus LPTQ Natuna, karena dengan segala keterbatasan anggaran operasional, masih dapat mengirim peserta MTQ Tingkat Provinsi yang digelar di Tanjungpinang, dan dapat meraih beberapa juara,” ungkap Ngesti.

Sejauh ini, menurutnya, LPTQ Natuna telah berhasil menunjukkan kontribusi dalam melaksanakan tugas dan fungsi, sebagai perpanjangan tangan pemerintah bagi membangun sumber daya manusia.

Dengan mempersiapkan generasi Qur’ani, melalui kerjasama dan koordinasi ke lembaga lintas sektoral, pengurus masjid dan surau maupun taman pendidikan Al Qur’an dan para guru mengaji tersebar hingga tingkat Rukun Tetangga.

MEMBERIKAN penghargaan

Untuk itu, bagi menyatukan pandangan dalam meletakkan program kerja kedepan, Ngesti berharap agar momentum ini dijadikan peluang penting dalam mengungkapkan permasalahan bagi pengembangan tilawatil Qur’an di kecamatan.

“Selain sebagai pembahasan LPTQ Natuna harus menyusun program kerja dalam menetapkan kebijakan yang nanti akan kita sinergikan dengan program kerja pembangunan daerah pada sektor pembangunan manusia dan peningkatan keimanan,” tutur Ngesti.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Natuna Ahmad dalam laporan mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai persoalan setiap kegiatan LPTQ tingkat kecamatan. Kegiatan ini akan membahas kesepatakan bersama strategi pengembangan peran LPTQ tingkat kecamatan dan kabupaten, serta penetapan tuan rumah bagi pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Natuna berikutnya.

“Kegiatan Musda ini dilaksanakan  selama satu hari. Yang diikuti 43 perwakilan dari pengurus LPTQ kabupaten, ketua LPTQ kecamatan, camat, dan Kantor Urusan Agama kecamatan se-Natuna. (*pro kopim/sri/diana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here