Waduh, Sebanyak 37 Warga Natuna Terjangkit HIV/AIDS

0
7524
KEPALA Dinas Kesehatan Natuna Hikmat Aliansyah

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Kepala Dinas Kesehatan Natuna Hikmat Aliansyah membenarkan, sebanyak 37 warga terjangkit HIV/AIDS pada 2022. Dari 37 warga itu, 20 diantaranya berobat aktif, sementara sisanya belum diketahui.

“Padahal World Health Organization atau WHO menilai HIV/AIDS bagai fenomena gunung es. Yang kapan saja bisa runtuh serta membahayakan,” kata Hikmat pada sejumlah awak media diruang kerjanya, Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Ranai, Selasa 3 Oktober 2023.

WHO, menurutnya, salah satu badan PBB yang berkompeten. Karena mereka koordinator kesehatan internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss. Sehingga penilaian badan ini, harus di anggap serius.

“Seandai seorang warga pengidap HIV/AIDS, dia dapat menularkan sedikitnya 10 warga. Jika dari 37 warga pengidap penyakit mematikan ini, bisa menularkan 370 warga lainnya,” kata Hikmat.

“Jadi saya mengimbau pada warga yang diagnosis pengidap HIV/AIDS beresiko tinggi, agar rutin mengecek kesehatan. Jangan sampai parah, baru mau berobat,” katanya lagi. (*iwan)

Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari KABARTERKINI.co.id. Ayo bergabung di Facebook dan Instagram KABARTERKINI.co.id, atau klik link https://www.kabarterkini.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini