
JAKARTA, KABARTERKINI.co.id – PT PLN (Persero) mengimbau kepada para pelamar kerja agar waspada terhadap maraknya penipuan mengatasnamakan PLN. Karena pihak PLN tidak pernah memungut biaya bagi pelamar kerja.
“Kami tidak melakukan korespondensi terkait rekrutmen dan tidak memungut biaya apapun selama pelamar mengikuti seleksi diselenggarakan PLN,” kata Vice President Komunikasi Korporat PLN, Gregorius Adi Trianto melalui keterangan tertulis, Kamis 7 Juli 2022.
Selain itu, sambung Gregorius, tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi.
Jadi dalam menjaring tenaga kerja unggul baru, PLN hanya merekrut pegawai melalui situs resmi perseroan, yaitu https://rekrutmen.pln.co.id/.
“Melalui website ini, para pelamar dapat melihat informasi tentang lowongan dibuka PLN. Di website, pencari kerja dapat memantau pengumuman hasil seleksi calon pegawai PLN,” tegasnya.
Pelamar, menurut Gregorius, cukup masuk ke website PLN dan mendaftar sebagai anggota dengan menyiapkan soft copy KTP, foto diri, ijazah, transkrip akademik, akte kelahiran dan sertifikasi kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL ITP, TOEFL IBT, TOEFL prediction, TOEIC dan IELTS).
“Selain di web rekrutmen.pln.co.id, semua lowongan ataupun panggilan untuk seleksi tidak bisa dipertanggungjawabkan. Jadi silahkan buka web tersebut untuk info rekrutmen,” katanya.
“Jika ada pengumuman perihal rekrutmen PLN maka peserta akan diinformasikan melalui email rekrutmen@pln.co.id. Informasi ini hanya bisa dilihat secara pribadi melalui menu PENGUMUMAN TES, setelah peserta login menggunakan akun dimiliki masing-masing peserta,” katanya lagi.
Demi mendapat calon pegawai unggul baru, PLN juga ikut serta dalam rekrutmen bersama BUMN. Untuk rekrutmen bersama BUMN, informasi disampaikan melalui situs web rekrutmen.pln.co.id dan rekrutmenbersama.fhcibumn.id. (*andi surya)